Allah Maha Pengampunan

Bacaan hari ini: Mazmur 103
“Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita.” (Mazmur 103:10)

Mazmur ini berisikan puji-pujian Daud kepada Tuhan. Puji-pujian Daud ini bercerita tentang satu hal bahwa Allah telah mengampuni dosanya. Daud sangat bersyukur karena melihat dirinya yang penuh dengan dosa, yang seharusnya dihukum setimpal dengan dosanya, namun Tuhan justru melepaskannya dari segala hukuman.

Daud mengatakan sejauh timur dari barat Tuhan menjauhkan Daud dari dosa-dosanya. Itu berarti bahwa dosa Daud telah Tuhan hapus sama sekali, Tuhan tidak lagi mengingat bahwa Daud mempunyai dosa, karena dosanya telah dijauhkan sejauh-jauhnya dari hidup Daud. Daud adalah orang yang hidupnya sangat dekat dengan Allah, namun di saat yang bersamaan, Daud juga adalah seorang yang berdosa. Salah satu dosanya yang terbesar dan tercatat dalam Alkitab adalah ketika dia membunuh Uria untuk mengambil Batsyeba, sebagai istrinya. Allah murka kepada Daud karena dosanya tersebut. Allah berjanji bahwa Daud akan mengalami masalah di dalam keluarganya, yang berasal dari keturunannya sendiri (Absalom). Walaupun Daud mengalami hukuman, Allah telah mengampuni dosanya, Allah memberikan kesempatan kepada Daud untuk hidup lebih benar di hadapan-Nya. Karena telah mengalami pengampunan Allah yang besar inilah, Daud menuliskan puji-pujiannya kepada Allah.

Allah yang Maha Pengampun tidak hanya melakukan pengampunan bagi Daud, tetapi juga bagi setiap manusia yang mau percaya kepada-Nya. Melalui anak-Nya, Yesus Kristus, Allah telah memberikan penebusan bagi setiap manusia yang percaya kepada-Nya. Dosa manusia yang begitu banyak, dosa manusia yang paling jahat sekalipun, yang secara manusia kita pikir tidak dapat dihapus, akan hilang sama sekali jika dibasuh oleh darah Yesus. Mari, kita mengenang cinta kasih Tuhan yang besar, yang telah menebus dosa-dosa kita, dan memberikan kita kepastian hidup kekal di dalam surga. Berdoalah secara pribadi, naikkanlah ucapan syukur atas penebusan dan pengampunan dosa yang telah dia berikan kepada kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s