Kepuasan

Bacaan hari ini: Mazmur 107:1-43
“Sebab dipuaskan-Nya jiwa yang dahaga, dan jiwa yang lapar…” (Mazmur 107:9)

Ada banyak indikasi serta fenomena menggambarkan kekosongan hati dan jiwa manusia. Untuk mengisi kekosongan hati dan jiwanya, manusia mencari kepuasan melalui berbagai hiburan, makan, berkelana dan mengisi diri dengan berbagai aktifitas dan kegiatan. Meski sesaat mereka mendapat kepuasan, namun pada akhirnya mereka menyadari tetap mengalami kekosongan yang tak terpenuhi. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya kejadian menyedihkan yang terjadi pada kalangan muda Jepang dan Korea, yang nekat bunuh diri karena tidak puas dengan hidupnya. Pemazmur memberikan beberapa dasar kekosongan hati dan jiwa manusia, serta hanya Allah yang dapat memuaskan manusia.

(1) Manusia jauh dari Allah.

Dari timur dan barat, utara dan selatan, manusia bagai musafir yang mengembara di padang belantara. Keadaan mereka lapar dan haus, jiwa mereka lemah lesu. Mereka mengalami kesesakan dan kecemasan. Ada orang yang duduk di dalam gelap dan kelam, terkurung dalam sengsara besi. Inilah gambaran pemazmur tentang keadaan jiwa manusia yang tersiksa karena menjauhi Allah. Bagaimana dengan hati dan jiwa saudara? Mendekatlah kepada Allah, hanya Dialah yang dapat memuaskan hati dan jiwa Anda.

(2) Manusia cenderung hidup memberontak kepada Allah.

Dalam ayat 11 dikatakan, “Karena mereka memberontak terhadap perintah-perintah Allah, dan menista nasihat Yang Mahatinggi.” Sikap dan perbuatan mereka bukan hanya memberontak kepada Tuhan, terlebih, mereka sudah tidak menghargai dan menghormati perintah-perintah dan titah-titah Tuhan yang sebenarnya mengandung janji dan berkat Tuhan kepada mereka.

(3) Hanya mereka yang berseru-seru kepada Allah akan segera keluar dari kesesakan dan kecemasan (ay. 13,28). Allah berjanji akan memuaskan jiwa yang dahaga, jiwa yang lapar, akan dikenyangkan dengan kebaikan Allah (ay. 9). Mereka akan diberkati dan hidup penuh sukacita. Bagimana dengan Anda hari ini? Kiranya Tuhanlah yang memuaskan dan memenuhi hati dan jiwa kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s