Membalas Kebajikan Tuhan

Bacaan hari ini: Mazmur 116
“Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu …” (Mazmur 116:17)

Manusia adalah makhluk sosial yang hidup secara interaktif dengan orang lain; saling mendukung, saling membantu, saling membutuhkan. Di dalam interaksi antar sesama manusia ini kemudian terbentuklah kebiasaan-kebiasaan tertentu yang menjadi tradisi sampai membudaya. Salah satunya adalah membalas kebaikan yang dilakukan seseorang kepada yang lainnya. Orang yang pernah ditolong, akan berusaha mengingatnya, bahkan mencoba untuk membalasnya pada kesempatan yang tepat. Begitu juga dengan perbuatan baik lain yang biasa terjadi dalam kehidupan sesehari; manusia saling berbuat baik dan membalas kebaikan orang lain.

Apabila kita mengerti untuk membalas kebaikan yang dilakukan orang lain kepada kita, dan itu adalah hal yang semestinya; bukankah seharusnya ini juga berlaku di dalam hubungan kita dengan Tuhan. Bukankah sudah sepantasnya dan sewajarnya, apabila kita telah menerima kebaikan dari Tuhan, lalu di dalam hati kita timbul keinginan untuk membalas kebaikan tersebut. Kecuali kita memang tidak pernah mengalaminya, atau kita adalah orang yang tidak mampu menghargai kebaikan orang lain.

Penulis Mazmur 116 adalah orang yang telah mengalami pertolongan TUHAN dari suatu kondisi yang menyangkut keselamatan nyawanya; dia diselamatkan dari maut, dan dia tahu itu adalah karena kebaikan TUHAN, dan karena itu dia tahu dia harus membalas kebaikan sebesar itu. Tetapi ketika dia ingin membalas, dia mengalami kesulitan besar; dengan apa dia membalas apa yang TUHAN telah lakukan baginya? Jika orang memberi kita uang, kita bisa membalas memberi dia uang. Jika orang memberi kita barang, kita bisa membalasnya dengan cara yang sama. Tapi jika TUHAN meluputkannya dari maut dan memberinya berbagai kebaikan, bagaimana membalasnya? Apa yang dapat ia berikan kepada TUHAN, yang bukan berasal dari Dia sendiri? Jika TUHAN tidak menyelamatkannya, di mana dia sekarang? Karena itu, semua yang dia punyai, semata-mata adalah bukti anugerah yang telah dia terima. Apakah Anda juga menyadari hal ini?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s