Tuhan Sumber Kebenaran

Bacaan hari ini: Mazmur 119:89-176
“Aku sesat seperti domba yang hilang, carilah hamba-Mu ini, sebab perintah-perintah-Mu tidak kulupakan.” (Mazmur 119:176)

Dalam Mazmur 119:161-176, pemazmur mengingatkan kita melalui pengalaman dan kepercayaannya akan TUHAN, bahwa orang benar tidak akan pernah ditinggalkan sendirian dan tidak selama-lamanya keadilan dan hak-hak orang benar itu dibiarkan oleh TUHAN.

Janganlah kita tergoda untuk melakukan ketidakbenaran untuk menegakkan kebenaran dan keadilan yang menjadi hak kita. Sebaliknya, kita tetap mengerjakan kebenaran sesuai perintah TUHAN, maka keselamatan yang dari TUHAN akan dinyatakan-Nya pada waktu-Nya. Inilah doa dan harapan pemazmur, yang sekaligus dapat menjadi teladan bagi kita.

Mengapa kita harus tetap hidup dalam kebenaran dan menempatkan Tuhan sebagai sumber keadilan bagi hidup kita?

(1) Menegakkan keadilan dan kebenaran dengan cara-cara yang tidak benar, sama halnya kita adalah pelanggar kebenaran. (2) Usaha kita dalam menegakkan keadilan dan kebenaran selalu diliputi dengan keberdosaan kita, sehingga perintah TUHANlah yang menjadi tolok ukur bagi kita dalam menilai kebenaran. Bagaimana dengan Anda hari ini?

Jika Anda mengalami ketidakadilan dan dirugikan orang-orang yang tidak bertanggungjawab, janganlah lari dari TUHAN dan kebenaran firman-Nya, sekalipun Anda harus menderita. Kerjakanlah apa yang benar, tetap bersyukur dan memuji Dia, dan percayalah bahwa TUHAN tidak tinggal diam dalam masalah Anda. Jika kita mencintai kebenaran-Nya, kebenaran itu tidak akan meninggalkan kita. Itulah sebabnya pemazmur berkata: “perintah-perintah-Mu tidak kulupakan.”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s