Aman Dalam Lindungan Tuhan

Bacaan hari ini: Mazmur 125
“… supaya orang-orang benar tidak mengulurkan tangannya kepada kejahatan.” (Mazmur 125:3b)

Mazmur ini menyatakan bagaimana Tuhan melindungi orang-orang yang percaya dan berlindung kepada-Nya. Seperti gunung Sion yang teguh dan kota Yerusalem yang dikelilingi gunung-gunung, demikian juga perlindungan Tuhan mengelilingi orang-orang percaya agar mereka teguh berdiri. Mereka dilindungi dari orang-orang fasik yang ingin mencelakai mereka. Dari firman Tuhan ini kita bisa belajar beberapa hal tentang perlindungan Tuhan.

Pertama, Tuhan melindungi kita selama-lamanya, bukan setengah-setengah. Ayat 2 mengatakan bahwa, “demikianlah Tuhan sekeliling umat-Nya dari sekarang sampai selama-lamanya.” Sering kali kita berpikir bahwa perlindungan Tuhan itu hanya pada waktu atau situasi kondisi tertentu, yaitu ketika kita mengalami keamanan dan ketenangan. Memang benar bahwa salah satu wujud perlindungan Tuhan adalah menjaga kita dari tindakan orang jahat yang ingin mencelakai kita. Tetapi bagaimana kita memahami perlindungan Tuhan ketika kesulitan menimpa kita? Dalam hal ini, kita ingat bahwa Tuhan memegang kendali, sehingga walaupun ada kesulitan, itu ada dalam batasan dan perlindungan Tuhan. Seseorang atau suatu kesulitan tidak bisa menimpa kita di luar apa yang Tuhan izinkan dan batasi (bandingkan dengan kisah Ayub dan Yusuf).

Kedua, walaupun dalam kesulitan, Tuhan melindungi kita dari hal yang paling esensial, yaitu supaya kita tidak menjadi seperti orang fasik. Ayat 3 menunjukkan hal ini; dilukiskan seperti orang fasik yang menguasai tanah milik orang benar. Memang terkadang kita melihat orang fasik kelihatannya berhasil menindas orang benar. Orang fasik kelihatannya lebih makmur dan berhasil daripada orang benar. Dalam hal ini, Tuhan mengingatkan kita agar janganlah kita jatuh dan mengulurkan tangan kita kepada yang jahat. Mengapa? Karena tidak selamanya Tuhan membiarkan hal tersebut. Karena itu, pemazmur tetap percaya bahwa Tuhan akan berlaku baik terhadap orang-orang yang baik dan tulus hatinya, sebaliknya Tuhan akan menghukum mereka yang tidak takut akan Dia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s