Bersyukurlah Senantiasa

Bacaan hari ini: Mazmur 136:1-26
“Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” (Mazmur 136:1)

Mengucap syukur seharusnya menjadi bagian yang melekat dalam kehidupan orang Kristen. Ketika memulai hidup, menjalani hidup dan mengakhiri hidup, semuanya dirangkai dalam ucapan syukur kepada Allah. Ucapan syukur menjadi sesuatu yang sangat penting, karena ucapan syukur merupakan bagian dari hidup manusia, selama manusia masih bernafas.

Perasaan mengucap syukur yang sangat dalam ini telah diungkapkan pemazmur. Dalam bagian ini:

(1) Ia bersyukur karena kehadiran pribadi Allah dalam kehidupannya (ay.1-3)

Ia merasakan betapa baiknya TUHAN yang melebihi segala tuhan, dan Allah di atas segala allah. Tidak ada TUHAN seperti Dia.

(2) Ia bersyukur karena kasih setia Allah (ay.1-26).

Segala sesuatu terjadi hanya karena kasih setia Allah bagi umat-Nya. Allah tidak akan pernah tinggal diam walaupun hanya sejenak. Di dalam kasih setia-Nya, Allah menjadikan langit bumi serta segala isinya. Kepada umat-Nya, Allah memberikan pembebasan dari perbudakan dan menyatakan keajaiban yang menggetarkan bangsa-bangsa. Untuk selamanya Allah tidak pernah berhenti berkarya serta bertindak. Itulah sebabnya, umat Allah tidak pernah berkekurangan dalam pemeliharaan Allah. Kasih setia Allah terus-menerus dirasakan umat-Nya, dan membuahkan karya-karya ajaib dalam kehidupan manusia. Walaupun ada di padang gurun dan dihadang musuh, Allah tetap berkarya menolong dan menyelamatkan umat-Nya.

(3) Ia bersyukur karena pekerjaan-pekerjaan Allah (ay.4-26).

Bila kita melihat karya Allah dalam alam semesta, kita tidak akan bisa untuk tidak memuji-memuliakan Allah, karena keindahan dan kemegahan yang telah dibuat oleh tangan-Nya yang ajaib. Bukan hanya dalam ciptaan saja Allah berkarya secara hebat, namun Allah juga bekerja dalam sejarah umat-Nya (ay.10-22).

Dengan melihat segala yang telah dibuat Allah bagi umat-Nya, marilah kita semakin hari semakin bersyukur kepada Allah atas segala perbuatan-Nya yang ajaib bagi kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s