God, The Center of My Life

Bacaan hari ini: Mazmur 145
“Puji-pujian dari Daud. Aku hendak mengagungkan Engkau, ya Allahku, ya Raja, dan aku hendak memuji nama-Mu untuk seterusnya dan selamanya.” (Mazmur 145:1)

Mazmur 145 tergolong sebagai Mazmur pujian. Disebut sebagai Mazmur pujian karena seluruh isi Mazmur berisi puji-pujian kepada Allah.

Mengapa pemazmur memuji Allah?

Ada beberapa alasan mengapa pemazmur memuji Allah, yaitu:

(1) karena fokus pujian adalah Allah.

Oleh sebab itu, sering kali pemazmur akan menyebutkan kata TUHAN atau kata ganti orang seperti “Engkau atau Dia” (ay. 1-21). Dalam hal ini, Allah menjadi pusat kehidupan manusia yang layak disembah atau dipuji. Namun demikian, sungguh sangat disayangkan apabila puji-pujian gereja hanya ditujukan kepada manusia atau hanya sekadar hiburan semata.

(2) Karena Allah telah menyelamatkan pemazmur dari kepungan atau ancaman musuh.

Dalam hal ini, apabila Anda telah diselamatkan Tuhan dari beban persoalan yang menghimpit, maka Anda harus memuji atau bersyukur kepada-Nya.

(3) karena Allah telah menjawab pergumulan pemazmur.

Sehingga, tatkala Tuhan telah menjawab doa-doa Anda, maka sudah seharusnya lah Anda memuji Tuhan (ayat 19).

Dalam Mazmur pujian, Tuhan dipuji dengan beberapa faktor seperti halnya Tuhan dipuji karena Tuhan baik, karena menyelamatkan umat-Nya dan beberapa faktor lain. Namun dari sekian banyak faktor, hanya ada satu yakni Tuhan dipuji karena Dia adalah pusat puji-pujian. Dalam hal ini, puji-pujian hanya tertuju pada Allah bukan kepada manusia atau diri (self-centered).

Jika puji-pujian berpusat hanya pada Allah, maka seluruh hidup Anda harus berpusat pada-Nya; baik dalam perbuatan maupun tutur kata, harus senantiasa memuliakan-Nya. Sudahkah kehidupan Anda senantiasa berpusat kepada Kristus dengan memuji atau memuliakan-Nya, dan bukan hanya pada lidah bibir saja, tapi juga pada perbuatan Anda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s