Reputasi dan Relasi

Bacaan hari ini: Amsal 22
“Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.” (Amsal 22:1)

Sebagian besar waktu manusia dihabiskan untuk bekerja. Bekerja merupakan aspek penting dalam kehidupan, karena melalui bekerja manusia mengumpulkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Tanpa uang yang cukup, kita tidak akan mendapatkan fasilitas pendidikan anak yang baik, makanan yang sehat, fasilitas kesehatan yang memadai, acara liburan yang menyenangkan, dsbnya. Karena itu, banyak orang bekerja keras untuk mendapatkan uang dan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya agar memiliki kehidupan yang terjamin dan baik. Namun dalam bagian Alkitab yang kita baca, menyatakan bahwa ada yang lebih berharga daripada uang dan kekayaan. Uang dapat memberikan hidup yang terjamin, tapi agar dapat memiliki kehidupan yang bermakna, kita memerlukan reputasi dan relasi yang baik.

Seperti kata pepatah “Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama,” penulis Amsal menegaskan hal yang sama mengenai pentingnya memiliki reputasi yang baik. Ia menulis, reputasi yang baik lebih berharga daripada kekayaan yang besar (ay. 1a). Banyak orang mengumpulkan kekayaan dengan menghalal-kan segala cara, dan tidak jarang reputasi dikorbankan. Hal ini tidak tepat. Orang Kristen yang baik tidak boleh hanya berfokus pada mengumpulkan harta, tetapi mereka juga harus menjaga reputasi hidupnya dengan baik.

Selain reputasi, hal yang harus dimiliki manusia adalah relasi yang baik. Relasi yang baik, dikasihi orang banyak, lebih berharga daripada perak dan emas (ay. 1b). Banyak orang bekerja terlalu keras sehingga mengabaikan relasi yang sehat dengan keluarga dan sesama. Banyak orang terlalu sibuk bekerja mengumpulkan harta sehingga tidak pernah memiliki waktu dan perhatian untuk pasangan, anak-anak dan teman mereka. Hal ini tidak tepat. Uang dan kekayaan tidak dapat memberikan makna dalam kehidupan manusia. Agar kehidupan bermakna dan bahagia, kita memerlukan relasi yang baik dan sehat dengan pasangan, anak-anak dan orang-orang di sekitar kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s