Tepat Dalam Tutur Kata

Bacaan hari ini: Amsal 25
“Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.” (Amsal 25:11)

Pada tahun 1960-an, Chevrolet, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, meluncurkan sebuah model mobil yang mereka beri nama Nova. Chevrolet Nova banyak diminati konsumen di Amerika Serikat, tempat mobil itu diciptakan. Namun sayang sekali, perusahaan Chevrolet tidak berhasil memasarkan mobil ini di Amerika Latin, padahal masih satu benua. Alasannya, dalam bahasa yang digunakan orang-orang Amerika Latin yaitu bahasa Spanyol, no va berarti “tidak jalan.” Bayangkan saja. Sebuah kata dapat mengurungkan niat konsumen untuk membeli produk. Sebuah kata berdampak luar biasa.

Salomo berkata, “Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.” Melalui Amsal ini, Salomo ingin mendorong kita untuk memperhatikan apa yang kita katakan karena perkataan kita dapat membawa berkat atau kutuk, bermanfaat atau malah menjatuhkan, menyembuhkan atau menyakitkan. Selain memperhatikan apa yang kita katakan, kita juga harus memperhatikan kapan kita harus mengatakannya. Terkadang perkataan yang tepat tetapi diucapkan pada saat yang tidak tepat, malah berakibat buruk. Sebaliknya, perkataan yang tepat yang diucapkan pada saat yang tepat pula, adalah sesuatu yang berharga seperti “apel emas di pinggan perak.”

Sebagai murid-murid Kristus, kita harus meneladani Kristus yang telah mengatakan perkataan yang tepat, pada waktu yang tepat pula. Yohanes 7 mencatat bahwa Yesus menunda untuk pergi mengajar di Yerusalem dan menyuruh murid-murid-Nya untuk pergi mendahului Dia sampai beberapa waktu. Perkataan Yesus memang tepat, waktu-Nya pun tepat. Sehingga, Yesus dikatakan sebagai orang yang berpengetahuan dan berhikmat.

Maukah kita menjadi orang yang berhikmat? Mulai hari ini, hendaklah kita memperhatikan apa yang kita katakan dan kapan kita mengatakannya. THINK (pikirkan) sebelum berkata-kata. Apakah itu True (benar)? Apakah itu Helpful (menolong)? Apakah itu Inspiring (membangun)? Apakah itu Necessary (diperlukan)? Dan apakah itu Kind (baik)?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s