Tuhan Semesta Alam

Bacaan hari ini: Yesaya 14:23-32
“TUHAN semesta alam telah bersumpah, firman-Nya: ‘Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah akan terlaksana.’” (Yesaya 14:24)

Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan penguasa alam semesta. Dia juga Penguasa atas segala bangsa. Hal ini berbeda sekali dengan kepercayaan bangsa-bangsa pada saat itu. Mereka percaya bahwa setiap bangsa mempunyai allahnya masing-masing, dan ketika mereka saling berperang, itu membuktikan allah bangsa mana yang lebih hebat. Bangsa yang menang perang menunjukkan bahwa allah mereka lebih hebat dari bangsa yang kalah. Tidak heran beberapa kali kita membaca dalam Alkitab bahwa ada raja negara lain yang meremehkan Allah Israel, karena mereka merasa bangsa mereka lebih hebat dari Israel.

Bagian firman Tuhan ini menunjukkan bahwa Allah adalah penguasa atas segala bangsa, termasuk Asyur dan Filistin. Dua bangsa ini adalah bangsa yang pernah menindas bangsa Israel, umat pilihanNya. Celakanya, Asyur dan Filistin menjadi sombong; mereka bahkan berani merendahkan Allah, sehingga Allah akhirnya memutuskan untuk mendatangkan hukuman atas mereka untuk mengingatkan mereka. Karena itu, kita akan melihat beberapa aplikasinya.

(1) Daniel 4:25 menuliskan, “Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya.” Hal ini berarti, setiap pemimpin negara di dunia harusnya menyadari, jika mereka bisa berada di puncak pimpinan, itu karena kehendak Tuhan, sehingga mereka harus menjalankan kepemimpinan mereka dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Celakanya, banyak pemimpin justru menjadi sombong dan lupa diri. Karena itu, marilah kita mendoakan para pemimpin Kristen, agar mereka dapat menjadi contoh seorang pemimpin yang rendah hati dan berkenan kepada Tuhan.

(2) Lalu bagaimana jika pemimpin/negara tidak menghargai Allah? Bahkan menindas umat Tuhan yang hidup di dalamnya? Firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa Tuhan tidak sedang lepas tangan dan berdiam diri. Tuhan sedang mempunyai rencana dan kehendak untuk bertindak, karena Dia adalah Allah yang Empunya bangsa-bangsa di dunia ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s