Harap-Harap Cemas

Bacaan hari ini: Yesaya 26:1-6
“Percayalah kepada Tuhan selama-lamanya, sebab Tuhan Allah adalah gunung batu yang kekal” (Yesaya 26:4)

Pernahkah Anda berada di dalam situasi demikian? Berharap namun cemas akan sesuatu yang tidak jelas. Misalnya, ketika memutuskan untuk ikut ambil bagian dalam undian berhadiah. Di satu sisi Anda berharap mendapatkan hadiah tersebut, di sisi yang lain Anda juga cemas karena tahu Anda bukanlah pemenangnya.

Inilah yang juga dialami oleh bangsa Israel. Di satu sisi mereka diminta untuk berharap kepada Tuhan, namun mereka juga cemas karena sedang terancam invasi bangsa Asyur dan Babel. Mereka hidup dalam dilema. Jika bergantung kepada Tuhan, mereka harus menghadapi serangan asing; jika minta bantuan asing, itu menunjukkan bahwa mereka tidak percaya pada Tuhan yang memelihara mereka. Ketika dilema ini muncul, nabi Yesaya diutus Tuhan untuk mengingatkan bangsa Israel, setidaknya dua hal.

Pertama, orang yang berharap (ay. 3 dan 4) akan dipelihara dalam damai sejahtera. Orang yang seperti demikian lah yang menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan dan menantikan segala sesuatu yang baik dari Tuhan. Orang inilah yang akan dipelihara dalam damai sejahtera. Bangsa Israel diminta menjadi bangsa senantiasa menantikan pertolongan tangan Tuhan. Kedua, orang yang sombong dan menjadi musuh Kerajaan Tuhan, walaupun berbenteng kuat dan kokoh, akan menerima kehancurannya (ay. 5 dan 6). Meskipun kota benteng tersebut terletak di tempat yang tinggi, yang menunjukkan kekuatan serta kekokohannya, Tuhan tetap akan menundukkan kota tersebut secara habis-habisan, menjadi rata dengan debu tanah. Mereka yang tidak bersandar kepada kuat kuasa Tuhan, akan diremukkan. Bangsa Israel diperingatkan agar tidak menjadi bangsa yang seperti ini.

Seperti Tuhan telah mengingatkan bangsa Israel melalui nabi Yesaya, kita saat ini juga sedang diingatkan untuk selalu percaya dan berharap hanya kepada Tuhan. Nantikanlah dan berharaplah kepada-Nya. Buanglah kecemasan yang menghampiri kita; percayalah bahwa Ia selalu menepati janji-Nya dan memberikan yang terbaik kepada umat-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s