Tuhan Bisa Memakai Siapa Saja

Bacaan hari ini: Yesaya 45
“Celakalah orang yang berbantah dengan Pembentuknya; dia tidak lain dari beling periuk saja! Adakah tanha liat berkata kepada pembentuknya: ‘Apakah yang Kaubuat?’” (Yesaya 45:9a)

Kedaulatan Allah merupakan tema yang sangat kental yang bisa kita jumpai dalam bagian ini. Tuhan menunjukkan kedaulatan-Nya untuk menyelamatkan bangsa Israel melalui seorang yang bahkan tidak mengenal Tuhan, yakni Koresh. Ketika bangsa Israel berdosa dan berbalik meninggalkan Tuhan sehingga Tuhan membiarkan mereka ada di bawah tawanan bangsa asing, Tuhan membangkitkan seorang kafir melakukan pekerjaan bagi Tuhan.

Tentu saja ini merupakan sebuah pukulan berat bagi bangsa Israel, yang selama ini sangat membanggakan diri sebagai bangsa pilihan Allah. Dalam pandangan mereka, mungkin mereka berpikir bahwa Tuhan hanya akan melakukan karya besar melalui umat pilihan-Nya, tetapi ternyata kali ini Tuhan melakukan sebaliknya. Ketika umat-Nya tidak mau taat, Tuhan menunjukkan bahwa Ia pun dapat memakai orang yang tidak mengenal Dia untuk melakukan pekerjaan-Nya yang besar.

Dari bacaan ini kita belajar agar kita sebagai anak-anak Tuhan jangan mengabaikan kesempatan untuk hidup dan melayani Tuhan. Jika kita terus mengeraskan hati untuk tidak mau bertobat dari dosa kita, jika kita terus menolak untuk melayani Dia dengan sungguh-sungguh, maka Tuhan pun bisa memakai orang lain untuk melakukan hal besar bagi-Nya. Dan pada saat itu terjadi, maka kita akan dipermalukan.

Janganlah juga pernah merasa sombong jika boleh dipercaya untuk melayani Dia; ingatlah bahwa semua kemampuan yang kita miliki pada hari ini berasal dari Dia (ay. 5a-7). Kita ini hanyalah tanah liat di tangan Tuhan, seperti kata Firman Tuhan: “Celakalah kita kalau kita berbantah dengan Pembentuk kita.” Oleh sebab itu, mulai saat ini, hargai setiap kesempatan dan kemampuan yang Tuhan telah karuniakan. Ingatlah bahwa Tuhanlah yang berkuasa, kita ini hanya alat; dan tugas alat hanyalah melakukan apa yang diinginkan oleh Sang Pemakai.

Bagaimana dengan Anda hari ini? Marilah kita hidup mengerjakan dan menghargai kehendak Allah bagi kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s