Waktu-Nya Akan Tiba

Bacaan hari ini: Yesaya 47
“Engkau tadinya merasa aman dalam kejahatanmu, katamu: ‘Tiada yang melihat aku!’ Kebijaksanaanmu dan pengetahuanmu itulah yang menyesatkan engkau, sehingga engkau berkata: ‘Tiada yang lain di sampingku!’” (Yesaya 47:10)

Ketika bangsa Israel berbalik menjauh dari Tuhan, Tuhan menghukum membiarkan mereka di bawah tawanan Babel. Namun kemudian Babel menjadi sombong (ay. 1-8). Mereka bersikap keterlaluan terhadap umat Allah dan tidak menaruh belas kasihan, bahkan berkata bahwa mereka ingin selamanya berkuasa atas Israel (ay. 6-7).

Akibat kesombongan mereka, Tuhan menjadi murka atas mereka dan menjatuhkan malapetaka atas mereka. Malapetaka yang datang secara tiba-tiba ini dalam sekejap mata menghancurkan mereka dan tidak ada satu kuasapun yang bisa menghalangi. Dewa-dewa dan jampi-jampi yang selama ini mereka yakini mampu melindungi mereka, tidak berdaya. Di sini kita melihat kedaulatan Allah atas umat-Nya. Tidak seorangpun atau satu hal pun bisa berbuat sesuatu terhadap umat-Nya, di luar izin Tuhan.

Firman Tuhan hari ini merupakan sebuah penghiburan bagi kita sebagai anak-anak Tuhan, bahwa Tuhan yang kita percayai, adalah Tuhan yang penuh kasih. Sekalipun Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menghukum atau memberkati umat-Nya, Tuhan tetap lah yang memegang kendali. Disiplin yang Ia berikan selalu diberikan dengan tujuan membawa umat-Nya kembali kepada-Nya, dan bukan dengan tujuan untuk menyakiti atau menghancurkan mereka. Pada waktu-Nya, Ia akan memulihkan keadaan umat-Nya.

Firman Tuhan juga mengingatkan kita bahwa tidak ada satu kejahatan pun yang bisa bertahan lama. Jika Allah berdiam diri, itu bukan berarti Allah tidak berkuasa, tetapi Ia memberikan kesempatan kepada kita untuk bertobat. Jangan berpikir seperti bangsa Babel yang merasa aman dalam kejahatan mereka dan berpikir tidak ada yang melihat apa yang mereka lakukan, karena sesungguhnya Tuhan itu hidup, dan pada waktu-Nya, Ia akan menyatakan keadilan-Nya, sehingga setiap kejahatan pasti ada ganjarannya. Bagaimana dengan Anda hari ini? Percayakah Anda pada kedaulatan-Nya? Marilah kita sebagai anak-anak-Nya bersandar penuh hanya kepada-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s