Adanya Harapan

Bacaan hari ini: Yesaya 62-63
“Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar …” (Yesaya 60:22)

Yerusalem dipandang sebagai kota suci karena adanya Bait Suci di sana. Namun karena ketidaksetiaan bangsa Israel, Bait Suci ini dihancurkan oleh bangsa Babel dan mereka diangkut ke dalam pembuangan di Babel selama puluhan tahun sebagai bangsa asing. Meski demikian, karena perjanjian-Nya, maka Allah melalui nabi-Nya, Yesaya menubuatkan bahwa ada harapan di tengah keputusasaan, “Sungguh, merekalah umat-KU…”. Perkataan ini dibuktikan dengan:

(1) TUHAN memperhatikan Israel seperti mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Artinya, umat TUHAN akan menduduki lagi tanah yang telah dijanjikan. Kata Tuhan: “Mereka sebagai cangkokan yang Kutanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Ku… AKU, TUHAN akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya” (Yes. 60:21-22).

(2) TUHAN akan memberi perlindungan terhadap lawan-lawan Israel sepanjang hari dan sepanjang malam, terus-menerus dan tidak pernah terlelap, seperti penjaga mengawal tembok kota dan mengawasi pasukan musuh yang mendekat.

(3) TUHAN akan memberikan kelimpahan susu dan madu di negeri mereka sehingga berkelimpahan. Mereka akan disebut “bangsa kudus,” orang-orang tebusan TUHAN, dan akan disebutkan “yang dicari, kota yang tidak ditinggalkan” (Yes. 62:12), sehingga mereka bersukaria di dalam TUHAN. Bagaimana dengan kita?

Kesulitan seperti apa yang membuat kita terpuruk dan tidak berdaya sehingga kita tidak bisa melihat adanya harapan Tuhan? Janganlah takut, berharaplah akan janji-Nya, sebab Ialah Juruselamat kita. Dialah TUHAN yang akan memberi terbaik apa yang kita butuhkan menurut waktu dan kehendak-Nya. Percayalah pada perlindungan-Nya dan anugerah-Nya. Seperti Yakobus berkata: “Hendaklah ia memintanya dengan iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut yang diombang ambingkan ke mari oleh angin” (Yak. 1:6). Marilah kita percaya kepada-Nya, sumber pengharapan kita!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s