Tuhan Menunjukkan Bukti Setia-Nya

Bacaan hari ini: Yeremia 32:1-44
“Namun Engkau, ya Tuhan ALLAH, telah berfirman kepadaku: Belilah ladang itu dengan perak dan panggillah saksi-saksi!—padahal kota itu telah diserahkan ke dalam tangan orang-orang Kasdim.” (Yeremia 32:25)

Terkadang Tuhan menunjukkan bukti kasih setia-Nya atau sesuatu yang ingin diajarkan-Nya melalui contoh nyata. Ini yang terjadi pada waktu itu dalam kehidupan Yeremia sebagai ingatan bagi dia dan umat Yehuda. Ingatan bahwa Allah memang menghukum mereka dengan menyerahkan umat Yehuda ke tangan kerajaan Babel. Tetapi pada saatnya nanti mereka akan dipulihkan dan akan kembali ke tanah perjanjian. Bagaimana cara Allah menunjukkan buktinya?

Allah memerintahkan Yeremia untuk membeli ladang di Anatot dari Hanameel, anak Salum, pamannya. Hanameel datang dengan usulan agar Yeremia membeli dan menebus tanah itu sebagai kerabat Hanameel. Yeremia yang memang mempunyai hak untuk melakukan itu diperintahkan Tuhan untuk menyetujui dan membelinya. Yeremia pun menaati perintah Tuhan tersebut. Dari sini, jika dipikir-pikir dengan akal sehat maka kita akan bertanya, mengapa Yeremia membeli tanah yang sebentar lagi akan diserahkan kepada bangsa lain untuk dikuasainya? Bukankah itu akan membuang-buang uang dan merugikan? Tetapi Yeremia percaya bahwa melalui hal ini Tuhan ingin menunjukkan kepastian akan janji pemulihan atas umat Yehuda. Jika umat Yehuda nantinya dipimpin Tuhan kembali ke tanah Perjanjian ini, maka keturunan Yeremia adalah yang mempunyai hak untuk memiliki tanah yang telah dibeli tersebut.

Melalui kisah ini kita mendapatkan satu keyakinan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah yang menepati janji. Dia memang adalah Allah yang adil dan tidak pernah bermain-main dengan dosa. Tetapi Dia adalah Allah yang tidak meninggalkan kita dan ingin kita selalu hidup di dalam Dia. Bahkan Dia berjanji akan memulihkan hidup umat-Nya yang mau hidup di dalam Dia. Walaupun sedang mengalami kesullitan sekalipun, janganlah kita melepaskan Tuhan karena Dia berjanji dan Dia akan menepati-Nya. Bukankah Tuhan Yesus Kristus menjanjikan hal itu? Dia berjanji bahwa Dia akan selalu menyertai kita sampai pada akhir zaman, dimana kita akan bersama Tuhan di “Tanah Perjanjian,” Kerajaan Allah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s