Penjaga Umat

Bacaan hari ini: Yehezkiel 3:16-21
“Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu dan ia tidak berbalik dari kejahatannya dan dari hidupnya yang jahat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.” (Yehezkiel 3:19)

Tugas dan peran hamba TUHAN sangat penting di dalam kehidupan berjemaat. Tugas dan peran penting ini dapat dilihat melalui penyampaian Firman TUHAN, baik itu dalam arti menyampaikan berkat dari TUHAN, maupun peringatan-peringatan yang mungkin dapat menyebabkan umat jatuh ke dalam dosa. Hal inilah yang nampak dalam tugas dan panggilan dari nabi Yehezkiel. Sebagai seorang nabi, Yehezkiel dipanggil untuk melakukan tugas dari TUHAN sebagai penjaga bagi Israel. Yehezkiel harus memperingatkan umat yang melakukan kejahatan, bahwa dengan melakukan kejahatan itu mereka pasti akan dihukum oleh TUHAN. Jika mereka tidak berbalik, maka mereka akan dihukum oleh TUHAN. Jika Yehezkiel tidak memperingatkan orang-orang tersebut, maka Yehezkiel lah yang akan dihukum. Selanjutnya, jika umat Israel berbalik dari kebenaran TUHAN, dan Yehezkiel tidak memperingatkannya, maka TUHAN akan menuntut pertanggungan jawab dari Yehezkiel. Bagi mereka yang hidup di dalam kebenaran, dan Yehezkiel memperingatkan mereka supaya tidak berbuat dosa dan tidak melakukan kejahatan, dan mereka tetap hidup dalam kebenaran, maka TUHAN akan menjaga hidup mereka. Demikian-lah tugas Yehezkiel sebagai penjaga bagi Israel.

Bagaimanakah dengan tugas dan peran hamba TUHAN masa kini? Tugas dan peran hamba TUHAN masa kini bukan hanya sekadar menyampaikan berkat TUHAN bagi jemaat TUHAN, tetapi kita juga harus melakukan tugas sebagaimana Yehezkiel melakukan tugasnya sebagai penjaga umat, yaitu memperingatkan umat TUHAN supaya tidak hidup di dalam dosa dan tidak melakukan kejahatan. Jika hamba TUHAN masa kini hanya menyampaikan berkat TUHAN kepada umat TUHAN, tanpa mau memperingati mereka akan bahaya dosa dan kejahatan yang dilakukan, maka TUHAN akan meminta pertanggungan jawab pada hamba TUHAN. Biarlah setiap kita yang dipercayakan TUHAN untuk menjadi penjaga umat benar-benar dan sungguh-sungguh melakukan tugas kita, sebab TUHAN akan meminta pertanggungan jawab atas apa yang kita lakukan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s