Penghukuman vs Belas Kasihan

Bacaan hari ini: Yehezkiel 11
“Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.” (Yehezkiel 11:19)

Yehezkiel pasal 11 ini berisi tentang penghukuman terhadap para pemimpin di Yerusalem. Kesombongan mereka yang menganggap diri lebih daripada orang lain membuat mereka tidak segan-segan membunuh orang lain. Perbuatan mereka ini mendatangkan hukuman Tuhan atas diri mereka. Melalui bagian ini, Tuhan ingin menyampaikan kepada umat, bahwa tidak ada seorangpun yang hidupnya tidak selaras dengan ketetapan dan peraturan Tuhan, luput dari hukuman Tuhan.

Tapi Tuhan itu bukan hanya adil, Ia juga penuh dengan belas kasihan. Sekalipun umat-Nya tidak mampu menaati semua ketetapan dan peraturan-Nya, Ia mau memperbaharui hidup mereka. Dalam ayat 19-20 dikatakan bahwa Tuhan akan menghimpunkan kembali umat-Nya dan memberikan kepada mereka roh yang baru dan hati yang taat, sehingga umat-Nya bisa hidup menurut segala ketetapan dan peraturan-Nya.

Bagian ini mengingatkan kita akan apa yang telah Tuhan lakukan dalam hidup kita. Kita adalah manusia berdosa, yang kecenderungannya selalu melawan perintah dan ketetapan Tuhan. Kita seharusnya menerima hukuman dan murka Tuhan, tetapi Tuhan dengan penuh belas kasihan mau menghimpunkan kita menjadi umat-Nya dan memberikan kepada kita Roh Kudus untuk memperbaharui hidup kita, sehingga kita diberikan hati yang mau taat kepada-Nya. Sungguh satu karya yang luar biasa, sebab Tuhan masih mau memberikan yang terbaik kepada umat-Nya yang berlaku tidak setia. Tuhan rela memberikan roh yang baru dan hati yang taat kepada mereka. Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini? Apakah kita telah memiliki hati yang baru? Bagaimana kita memaknai semua yang Tuhan telah kerjakan dalam hidup kita? Adakah setiap hari kita berjuang dengan pertolongan Roh Kudus untuk hidup taat kepada-Nya?

Marilah kita menghargai anugerah dan kasih setia Tuhan dengan hidup berkenan kepada-Nya, serta mengerjakan firman-Nya dengan setia. Janganlah berlaku seperti para pemimpin Yerusalem yang hidup dalam kesombongan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s