Keluarga Hosea

Bacaan hari ini: Hosea 1:1-12
“Maka pada waktu itu Aku akan mematahkan busur panah Israel di lembah Yizreel.” (Hosea 1:5)

Kitab Hosea hendak menyatakan maksud hati Allah, yaitu betapa Allah sangat mengasihi umat-Nya, meskipun Ia harus menghukum mereka dengan hukuman yang sangat berat dan keras, karena mereka telah melakukan perselingkuhan (persundalan, Hos. 1:2) secara sengaja. Untuk itu Tuhan memakai keluarga Hosea sebagai gambaran Tuhan dan Israel.

Perintah untuk mengawini perempuan sundal (Hos. 1:2) dan tindakan Hosea mengawini Gomer, serta kelahiran anak-anaknya (Hos. 1:3-6,8-9) merupakan gambaran yang mengungkapkan sikap dan rencana Allah terhadap umat-Nya, Israel. Perempuan sundal merupakan gambaran tentang sikap Israel yang telah menyimpang dari Allah. Tetapi nama Hosea bin Beeri, menyatakan jaminan keselamatan dari Allah yang sempurna. Nama Hosea berarti “kelepasan” atau “keselamatan.”

Putra pertama Gomer menyandang nama Yizreel, yang berarti Allah menabur. Nama ini bermakna bahwa setelah umat Israel diserakkan, Allah akan menanam atau “menaburkan” mereka di negeri mereka lagi. Anak kedua adalah Lo-ruhama yang berarti tidak dikasihani. Anak perempuan Gomer diberi nama sesuai rancangan untuk mengatakan kepada umat Israel bahwa mereka tidak bisa mengharapkan belas kasihan. Sebagai “yang tidak dikasihani,” ia melambangkan nasib kerajaan Utara, yang telah berdosa melawan Allah. Anak ketiga adalah Lo-ami yang berarti bukanlah umat-Ku. Di Sinai, Israel telah mengikat perjanjian untuk menjadi umat Tuhan dan Tuhan menjadi Allah mereka (Kel. 19:1-7). Berulang-ulang mereka melanggar perjanjian tersebut, dan di sini secara profetik Hosea menyatakan bahwa mereka akan ditolak. Ini tidak merupakan penolakan selamanya (Hos. 2:4), tetapi akan mengakibatkan pembuangan serta penghancuran kerajaan Utara sebagai suatu kesatuan politis. Namun Allah menunjukkan Kasih-Nya melalui perubahan nama anak Hosea, Allah akan memulihkan Israel, yaitu: dari Lo Ruhama menjadi Ruhama (Allah mengampuni), Lo Ami menjadi Ami (umat Allah). Itulah kasih setia Tuhan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s