Hukuman Karena Perbuatan Jahat

Bacaan hari ini: Amos 2:6-16
“Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum.” (Amos 2:13)

Bangsa Israel adalah umat pilihan Allah. Seharusnya status ini membuat mereka memiliki hidup benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Tetapi sebaliknya, mereka menjadi bangsa yang memberontak, melawan dan mengabaikan kebenaran firman Tuhan.

Adapun kejahatan yang dilakukan orang-orang Israel mengakibatkan Tuhan murka adalah: (a) mereka menjual orang benar karena uang, dan menjual orang miskin karena sepasang kasut (ay.6). (b) mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu, membelokkan jalan orang sengsara, ayah dan anak pergi menjamah seorang perempuan muda (ay. 7). (c) mereka melakukan perzinahan, pesta pora dan mabuk-mabukan di rumah Allah (ay. 8). Umat Israel melupakan semua karya kebaikan Tuhan yang dinyatakan dalam hidup mereka.

Semua kebaikan Tuhan dibalas dengan kejahatan. Mereka lupa jika Allah membela mereka menghadapi musuh-musuh (ay. 9), mereka lupa jika Allah yang menuntun mereka keluar dari tanah perbudakan (Mesir) dan memelihara kehidupan mereka selama di padang gurun (ay. 10). Semua perbuatan jahat bangsa Israel mendapat hukuman, karena mereka sudah menyimpang dari firman Tuhan. Adapun hukuman atas perbuatan jahat itu: (1) Allah akan mengguncangkan tempat tinggal mereka (ay. 13). Artinya, Allah akan menggilas mereka seperti gilasan kereta yang sarat dengan berkas gandum. Allah yang akan menghancurkan mereka dan membuat hidup mereka hancur berantakan. (2) Allah akan membuat mereka tidak berdaya (ay. 14-16). Artinya, mereka menyangka dirinya kuat, mandiri dan berani, tetapi sebaliknya mereka akan gemetar penuh dengan ketakutan menyaksikan kebinasaan mereka telah tiba.

Allah tidak akan membuat perkeculian kepada siapapun. Setiap umat yang berdosa mendapat hukuman, setimpal perbuatannya. Ketika umat-Nya menyimpang, hukuman akan menimpa mereka. Kiranya, zaman yang semakin bebal dan banyak berbuat dosa ini tidak membuat kita hidup jahat dan menyimpang dari firman-Nya, melainkan hidup dalam kekudusan-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s