Mesias, Raja Yehuda

Bacaan hari ini: Mikha 5:1-5
“Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel,…” (Mikha 5:1)

Nabi Mikha bukan hanya bernubuat tentang kehancuran Yerusalem dan pembuangan orang-orang Yehuda ke Babel (Mi. 4:10); tetapi juga tentang janji kelepasan yang membawa sukacita bagi bangsa Yehuda (Mi. 5:1-14). Setidaknya ada 2 hal yang penting:

Pertama, harapan akan munculnya seorang Mesias (Mi. 5:1-2). Mikha 5:1-2 memberikan penggambaran akan lahirnya seorang pemimpin. Di tengah-tengah situasi dan kondisi sulit dan tidak memberikan harapan pasti—,muncul sebuah harapan akan datangnya seorang pemimpin baru, yang akan memimpin umat Israel. Di dalam ay. 1-2, Mikha menubuatkan pemimpin masa depan yang akan menjadi raja di Israel, melalui kelahiran seorang anak dara. Meskipun Mikha tidak menjelaskan siapa wanita yang akan melahirkan seorang pemimpin itu, yang pasti berasal dari keturunan Daud—,Bethlehem adalah tempat kelahiran Daud (1Sam. 17:12). Hal ini secara tidak langsung menghubungkan antara Daud dan raja Mesias yang akan memimpin Israel dari keturunan Daud. Mikha 5:1-2, kemudian kita pahami sebagai bagian dari penggenapan tentang kelahiran Tuhan Yesus Kristus sebagaimana dicatat di dalam Injil Matius 2:6.

Kedua, harapan tentang kepemimpinan dari Mesias (Mi. 5:3-5). Nabi Mikha memberikan penggambaran tentang kepemimpinan-Nya. Mesias akan memimpin dan menggembalakan umat-Nya dengan kekuatan dan kemegahan nama TUHAN Allahnya; dan Mesias akan membawa damai sejahtera baik secara fisik, maupun rohani. Maksudnya adalah, umat-Nya akan benar-benar mengalami damai sejahtera di dalam kepemimpinan Mesias. Mesias yang akan dilahirkan itu akan memimpin umat-Nya sesuai dengan kekuatan dan kemegahan TUHAN dan memberikan damai sejahtera kepada umat-Nya.

Bagian ini mengajarkan kita, bahwa kelahiran Mesias membawa pengharapan baru di dalam kehidupan kita. Mesias yang akan dilahirkan itu akan memimpin umat-Nya sesuai dengan kekuatan dan kemegahan TUHAN dan akan memberikan damai sejahtera di dalam hidup kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s