Ibadah yang Berkenan

Bacaan hari ini: Zakharia 7:1-14
“Oleh sebab itu Aku meniupkan mereka seperti angin badai ke antara segala bangsa…” (Zakharia 7:14)

Kota Betel adalah kota penting dalam sejarah agama Israel. Di tempat itulah, Abraham membangun mezbah, ketika ia memasuki Kanaan. Yakub, cucu Abraham, membangun mezbah di Betel setelah Allah menampakkan diri kepadanya di sana. Tabut Perjanjian pernah disimpan di Betel selama beberapa waktu. Umat dengan benar menyembah Allah di Betel sampai Yerobeam membangun dua patung lembu emas dan mereka mulai menyembah berhala di sana.

Kemudian Betel dihancurkan selama pembuangan karena mereka telah menyimpang dari ketetapan-ketetapan TUHAN meskipun mereka menjalankan Ibadah dengan begitu ketat, tetapi kenyataannya mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan segala firman dan ketetapan-ketetapan TUHAN. Mereka menjalankan ibadah seperti ritual keagamaan karena hatinya jauh dari pada TUHAN.

Maka pada saat penduduk Betel menanyakan kepada Nabi Zakharia berkenaan dengan perihal berpuasa pada bulan ke 5 dan ke 7 setiap tahun selama dalam pembuangan, selama tujuh puluh tahun, apakah kebiasaan ini perlu diteruskan? Zakharia menasihati bahwa berpuasa tidak menggantikan ketaatan kita kepada hukum Taurat, kepada ketetapan-ketetapan TUHAN, sebab selama bertahun-tahun mereka berpuasa hanya dilakukan secara ritual saja seperti yang sering dilakukan sebelumnya.

Zakahria memperingatkan umat, jika mereka tidak mau untuk hidup takut akan TUHAN dan dengan rendah hati menerima pangajaran firman TUHAN, mengasihi saudara-saudara seiman khususnya janda dan anak yatim, orang asing dan orang miskin, serta tidak merancang kejahatan dalam hati, dan setia melakukan perintah-perintah-Nya, maka TUHAN akan membuang mereka. “Oleh sebab itu Aku meniupkan mereka seperti angin badai ke antara segala bangsa yang tidak dikenal mereka, dan sesudahnya tanah itu menjadi sunyi sepi, sehingga tidak ada yang lalu-lalang di sana; demikianlah mereka membuat negeri yang indah itu menjadi tempat yang sunyi sepi” (Za. 7:14).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s