Pengampunan Tuhan yang Ajaib

Bacaan hari ini: Zakharia 13-14
“Pada waktu itu akan terbuka suatu sumber bagi keluarga Daud dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh dosa dan kecemaran.” (Zakharia 13:1)

Kitab Zakharia merupakan salah satu kitab yang banyak menubuatkan tentang kedatangan Mesias dan karya-Nya. Dalam pasal 13 ini kita melihat ada beberapa hal:

1. Pengampunan kekal yang diberikan oleh Mesias (Yesus Kristus). Salah satu tema yang menghubungkan seluruh Alkitab menjadi satu adalah “Pengampunan,” yang didapatkan dalam anugerah Tuhan. Pengampunan-Nya diumpamakan sumber mata air yang terus mengalir, sebagaimana Tuhan Yesus janjikan pada wanita Samaria, bahwa barang siapa meminum air hidup yang diberikan oleh-Nya, maka ia tidak akan haus lagi (Yoh. 4:14). Kita harus bersyukur untuk keajaiban kasih karunia pengampunan Tuhan berikan kepada kita, dan terus berlangsung seumur hidup kita, mari kita segera berbalik kepada-Nya.

2. Pengampunan yang kekal dapat diberikan Tuhan Yesus karena pengorbanan yang mahal, yaitu tubuh-Nya sebagai korban persembahan. Zakharia 13:7, “Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!” demikianlah firman TUHAN semesta alam. “Bunuhlah gembala, sehingga domba-domba tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.” Melalui Zakharia, Tuhan sudah melukiskan malam di mana Tuhan Yesus dijual, yaitu Yudas membawa orang-orang pengikut dari Imam-imam Bait Allah dengan lengkap senjata, mereka bertindak kasar terhadap Tuhan Yesus, sehingga murid-murid menjadi ketakutan dan tercerai-berai. Kita harus senantiasa ingat pengorbanan Tuhan yang luar biasa ini.

3. Zakharia juga menubuatkan bahwa, orang Yahudi yang mau percaya dan menerima kabar Injil, hanya sedikit. Sepertiga adalah sebuah gambaran yang sedikit dari sebuah keseluruhan, dan lebih kecil dari bagian dua pertiga yang merupakan bagian yang lebih banyak. Memang Injil mula-mula tidak diterima oleh seluruh orang Yahudi, hanya orang-orang miskin, tidak terdidik, golongan yang lemah seperti janda dan yatim, mereka adalah orang-orang minoritas yang menerima anugerah Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s