TAHUN 2016 ADALAH TAHUN PEMBEBASAN SEUTUHNYA

Pdt Dr.Niko Njotorahardjo

Saudara, Tuhan memberikan tema kepada kita memasuki tahun 2016.

“TAHUN 2016 ADALAH TAHUN PEMBEBASAN SEUTUHNYA!”

Lukas 4:18-19
“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Ayat ini menyatakan bahwa Tuhan Yesus akan:
1. Menyampaikan Kabar Baik kepada orang-orang miskin, artinya membebaskan orang-orang miskin secara jasmani dan rohani.
2. Memberitakan Pembebasan bagi orang-orang tawanan, yaitu orang-orang yang tertawan dengan narkoba, kepahitan, pornografi, tipu daya kekayaan, ketakutan dan rasa bersalah.
3. Memberikan Penglihatan bagi orang-orang buta, artinya membebaskan orang-orang buta baik secara jasmani, yaitu yang terikat dengan sakit-penyakit, serta orang-orang yang buta secara rohani, termasuk yang disesatkan oleh pengajaran-pengajaran palsu.
4. Membebaskan orang-orang yang tertindas, yaitu orang-orang yang menderita, orang-orang yang patah semangat, orang-orang yang remuk redam.

BERTOBAT

Apakah saudara mau Tahun Pembebasan Seutuhnya terjadi dalam hidup saudara?
Kuncinya adalah Bertobat!

Kalau selama ini kita berjalan di dalam dosa sehingga apa yang tadi disebutkan terjadi dalam hidup kita, hari ini juga mari kita bertobat dan minta ampun kepada Tuhan. Bertobat itu artinya berbalik 180° kepada Tuhan Yesus dengan penyesalan yang mendalam, “Tuhan, ampuni saya….ampuni saya!”. Ini yang harus kita lakukan di awal tahun 2016. Kalau saudara lakukan itu…. datang kepada Tuhan Yesus dan minta ampun dengan penyesalan yang mendalam, maka Tuhan Yesus akan mengampuni saudara. Dan kita berkata, “Tuhan, aku percaya. Aku percaya Engkau mau dan mampu membebaskan saya.” Kalau saudara lakukan itu, saya mau memberitahu saudara bahwa hari ini juga Tahun Yobel atau Tahun Pembebasan Seutuhnya akan berlaku dalam hidup saudara. Amin!

TURUT SERTA DALAM PENUAIAN JIWA BESAR-BESARAN

Saya percaya Tahun Pembebasan Seutuhnya akan membawa penuaian jiwa besar-besaran. Bayangkan, kalau Tuhan mau membebaskan dari segala macam yang tidak baik menjadi baik, maka akan banyak orang yang diselamatkan. Itu adalah doa saya dan hari-hari ini kita justru sedang memasuki masa penuaian jiwa besar-besaran. Ini adalah yang terbesar dan juga adalah yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang untuk yang kedua kalinya. Dan saya sangat yakin bahwa hari-hari ini kedatangan Tuhan Yesus sudah sangat…sangat…sangat dekat!
Ayo kita mempersiapkan diri! Dan karena hari-hari ini kita sedang berada di masa penuaian jiwa besar-besaran, saya mau mengajak saudara untuk ikut serta dalam penuaian jiwa besar-besaran ini.

Saudara, penuaian jiwa besar-besaran itu terjadi ditengah-tengah mujizat yang luar biasa dan juga ditengah-tengah goncangan; seperti yang sejak semula telah dinubuatkan didalam Yoel 2:30-32.
Puji Tuhan sekarang saudara lebih mengerti sehingga berani berkata, “Amin!” dengan keras ketika mendengar kata “goncangan.” Sebab dengan begitu kita berkata, “Goncangan boleh datang tetapi saya tahu Tuhan tetap beserta dengan saya”. Itu artinya amin!

MEMBACA, MERENUNGKAN DAN MELAKUKAN FIRMAN

Perlu saudara ketahui, ke depan ini goncangan akan semakin keras, tetapi Tuhan memberitahu kita kunci untuk menghadapi ini semua.

Mazmur 1:1-3
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Pada ayat di atas tidak tertulis kalimat, “Kecuali pada waktu goncangan…”, melainkan dikatakan, “…apa saja yang diperbuatnya berhasil”, tidak peduli gonjang-ganjing atau bumi goyang, dan sebagainya. Tetapi yang paling penting kita:

– tidak berjalan menurut nasihat orang fasik,
– tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan
– tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN; yaitu Firman Tuhan, dan yang merenungkannya siang dan malam serta melakukannya. Maka dikatakan bahwa orang itu seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya dan daunnya tidak akan layu dan apa saja….apa saja yang diperbuatnya berhasil!

Apakah saudara pernah membayangkan tentang arti “apa saja” yang diperbuat? Itu artinya bukan sebagian, dan bukan hanya beberapa, tetapi APA SAJA yang diperbuatnya berhasil! Mungkin ada yang berpikir, “Ah, Firman Tuhan ini mungkin salah.” Tidak salah! Sebab Firman Tuhan itu YA dan Amin!

Lakukan Firman Tuhan, tidak peduli apakah goncangan-goncangan akan datang, sebab saudara tidak akan melihat itu. Seperti tadi sudah dikatakan, “Goncangan boleh datang, tetapi Tuhan tetap beserta saya! Apa yang saya buat pasti berhasil!”

Di awal tahun ini, saya kembali mau bertanya kepada saudara, siapa yang membaca Alkitab setiap hari? Bagi yang belum, mari baca Alkitab setiap hari, renungkan dan lakukan. Kalau saudara tidak membaca Alkitab setiap hari dan tidak merenungkannya, maka saudara akan diombang-ambingkan dengan pengajaran yang aneh-aneh di luar.

Saya berdoa supaya dalam tempo yang relatif singkat ini kita akan lebih sungguh-sungguh dengan Tuhan. Seperti tadi sudah kita katakan, “Tuhan, memasuki tahun 2016 ini saya perlu bimbingan Tuhan. Tuhan berjalan dengan saya bersama-sama,” artinya setiap hari kita hidup intim dengan Tuhan. Kita banyak membaca Firman Tuhan, berdoa, memuji dan menyembah Tuhan. Ini adalah kunci dan DNA daripada Gereja yang Tuhan berikan kepada kita, yaitu Restorasi Pondok Daud dengan pengertian:

– 25 tahun pertama: Doa, pujian dan penyembahan bersama-sama dalam unity siang dan malam.

– 25 tahun kedua: Kita menjadi prajurit-prajurit yang gagah perkasa yang mempunyai gaya hidup berdoa, memuji dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam, serta melakukan kehendak Tuhan pada zaman ini.

Saya akan selalu mengajak saudara untuk mengingat ini, sebentar lagi kita akan bertemu dengan Tuhan Yesus. Dia akan menyongsong kita di awan-awan dan kita akan diangkat.

Saudara, saya selalu membayangkan pada waktu bertemu Tuhan nanti, sudah tidak ada air mata lagi, tidak ada kesedihan, tidak ada sakit-penyakit, tidak ada yang menderita, melainkan semuanya bersukacita, semuanya sehat, semuanya hidup dalam pujian dan penyembahan kepada Dia. Sampai kapankah itu? SELAMA-LAMANYA!

Blessings

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s