Hal Kerajaan Sorga

Bacaan hari ini: Matius 13:31-35
“Hal Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi …” (Matius 13:31)

Tuhan Yesus sering menggunakan contoh dari kehidupan sehari-hari untuk mengajarkan sebuah kebenaran kepada murid-murid-Nya. Dalam bagian ini, Tuhan menggunakan biji sesawi dan ragi untuk menjelaskan tentang Kerajaan Allah.

Dalam perumpamaan yang pertama, Tuhan mengatakan bahwa hal Kerajaan Surga seumpama biji sesawi yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya. Biji sesawi dikenal sebagai biji yang paling kecil dari segala jenis benih, tapi apabila sudah bertumbuh, sesawi itu lebih besar daripada sayuran lain, bahkan menjadi pohon sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya (ay. 32). Apa maksudnya?

Biji sesawi atau Kerajaan Allah ini dikatakan, sekalipun kelihatan sangat kecil, tetapi memberi pengaruh yang luar biasa besarnya. Ketika Tuhan Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah, sepertinya hal itu tidak terlalu memberi pengaruh yang luar biasa dalam kehidupan masyarakat yang Ia layani pada zaman itu. Tetapi saat ini, benih yang kecil itu yakni Kerajaan Allah sudah berkembang dengan begitu besar dan luas bahkan sampai ke pelosok-pelosok dunia.

Dalam perumpamaan yang kedua, Tuhan Yesus menggambarkan Kerajaan Allah dengan sebuah ragi. Pada saat ragi itu diadukkan dalam tepung, maka ragi itu akan meresap ke dalam seluruh adonan sampai setiap bagian terpengaruh. Ragi tidak terlihat, tetapi pengaruhnya dapat dilihat dan dirasakan oleh semuanya. Demikian juga dengan Kerajaan Allah.

Pengaruh Kerajaan Allah ini bisa dirasakan dan dilihat oleh semua orang melalui kehidupan orang-orang percaya yang memberikan pengaruh dalam seluruh aspek kehidupannya.

Ketika anak-anak Tuhan hidup sesuai dengan panggilannya, yakni sebagai anak-anak Kerajaan Allah, maka kita bisa memberikan pengaruh yang luar biasa bagi lingkungan di mana kita berada.

Adakah kehadiran kita selama ini telah memberikan pengaruh yang positif bagi keluarga kita, rekan kerja kita, rekan sepelayanan kita, bahkan masyarakat di mana kita tinggal?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s