Celakalah Kamu

Bacaan hari ini: Matius 23:1-22
“Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.” (Matius 23:11)

Injil Matius berbicara tentang apa arti menjadi “keluarga” atau anggota umat Allah. Tuhan Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sebab mereka mengajarkan Hukum Taurat sebagai cara untuk mengabdi kepada TUHAN, tetapi mereka sendiri tidak melakukannya, mereka memang suka merumuskan aturan-aturan, tapi mereka tidak mau menolong orang lain melaksanakan hukum itu. Mereka suka meninggikan diri dalam jabatannya, supaya dilihat dan dipuji orang,

Maka Tuhan Yesus mengecam mereka: “Celakalah kamu” sebagai orang “munafik,” tujuannya, untuk membuktikan kemunafikan mereka serta membenarkan hukuman yang Yesus jatuhkan kepada mereka, karena celaka dan kutuk dari Yesus tidak pernah ditimpakan-Nya tanpa alasan.

Kita tahu bahwa Tuhan Yesus datang untuk membuka Kerajaan Sorga, membuka sebuah jalan hidup yang baru, untuk menjadikan manusia sebagai Warga Kerajaan Sorga. Namun ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, mereka menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Mereka tidak suka melihat ada orang melebihi mereka dalam kehidupan beragama. Mereka memperkaya diri sendiri dengan mengincar para janda-janda; mereka suka dengan nama baik sebagai orang saleh yang tulus hati dengan doa-doanya yang panjang-panjang, dan berulang-ulang tanpa arti; suka mendapat penghargaan karena berhasil membuat orang memeluk agama mereka dan agar dapat memanfaatkan mereka sebagai mangsa; semuanya itu demi keuntungan dan kehormatan duniawi. Maka mereka disebut “pemimpin-pemimpin bodoh dan buta.”

Benarlah firman Tuhan yang berkata: “Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.”

Karena itu marilah kita berdoa bagi para pemimpin rohani, agar mereka menjadi hamba Tuhan yang setia dalam tindakan mereka, sesuai dengan kebernaran firman Tuhan, sehingga iman Kristen tidak dihujat orang, namun makin banyak orang yang diberkati karena kehidupan dan pelayanan mereka

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s