Berani Mengakui Atau Melarikan Diri

Bacaan hari ini: Matius 26:51-75
“Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.” (Matius 26:56b)

Setiap makhluk hidup memiliki mekanisme pertahanan diri melindungi dirinya ketika menghadapi ancaman/bahaya. Dalam teori psikologi, ada banyak mekanisme pertahanan diri manusia ketika menghadapi ketakutan atau kecemasan. Respons yang paling umum dilakukan oleh makhluk hidup untuk mempertahankan diri ketika menghadapi ancaman atau bahaya ada dua, yaitu melawan atau melarikan diri.

Ketika Yudas menghampiri Yesus bersama sekelompok prajurit yang membawa pedang dan pentung, murid-murid Yesus yang lain merasakan adanya ancaman dan bahaya di depan mereka. Menghadapi ancaman tersebut, salah seorang murid Yesus langsung bereaksi melawan mereka. Dia mengeluarkan pedang dan mengayunkannya sehingga memutuskan telinga salah seorang hamba Imam Besar. Namun Yesus melarang mereka untuk melawan, dan Ia menyerahkan diri-Nya. Pada saat itulah para murid diliputi ketakutan yang besar, karena Guru mereka telah ditangkap. Mereka semua kemudian lari untuk menyelamatkan diri.

Ketika Yesus dibawa ke hadapan Imam Besar, Petrus mengikuti dari jauh. Namun, rupanya ada orang yang mengenali Petrus sebagai murid Yesus. Karena ketakutan dan tidak ingin ditangkap, Petrus menyangkal bahwa dirinya adalah murid Yesus. Bahkan dia mengatakan bahwa dirinya tidak mengenal Yesus. Tiga kali Petrus menyangkal Yesus, seperti yang telah dikatakan Yesus sebelumnya ketika perjamuan makan.

Yesus tidak berkata bahwa orang yang mengikut-Nya akan mendapat kenyamanan di dunia. Yesus malah berkata, pengikut-Nya akan menderita. Sejarah menyaksikan banyak orang Kristen yang dianiaya dan mengalami penderitaan karena imannya kepada Yesus. Seandainya kita menghadapi ancaman dan bahaya karena iman kita, diperhadapkan pada situasi harus memilih antara iman atau keselamatan diri sendiri, apa yang kita lakukan? Siapkah kita mengakui iman kita sekalipun nyawa taruhannya? Atau, kita melarikan diri seperti murid-murid, meninggalkan dan menyangkal Yesus?

 

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s