Panggilan Kristus

Bacaan hari ini: Markus 3:13-19
“Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil.” (Markus 3:14)

Seringnya seseorang meninggalkan Kristus karena alasan-alasan yang mengedepankan kepentingan dirinya sendiri. Demikian pula yang terjadi ketika orang banyak mengerumuni Yesus dalam bagian yang kita baca hari ini. Kerumunan orang banyak ini mulai berkurang karena Yesus memanggil dua belas orang untuk mengikut Dia. Panggilan yang Yesus berikan kepada beberapa orang ini kemudian menciptakan perbedaan antara orang-orang yang datang mengikut Yesus untuk sekadar mendapatkan kesembuhan, menyaksikan mujizat, dengan mereka yang dipanggil untuk mengikut Yesus dengan misi tertentu. Yesus Kristus menetapkan dua belas murid dari kerumunan orang yang mengikuti-Nya tersebut.

Inisiatif dalam menentukan orang-orang yang dipanggil tersebut berasal dari Yesus. Sebagaimana Tuhan menciptakan dunia, itu adalah kehendak Tuhan. Dan semua yang Tuhan lakukan memiliki tujuan tertentu. Alam semesta diciptakan Tuhan sebagai representasi dari kemuliaan-Nya. Semuanya itu adalah tentang Dia (Rm. 1:20-21). Kedua belas murid Yesus tersebut memiliki dua misi, yaitu mengikut Yesus dan menyatakan Yesus kepada orang lain melalui pelayanan mereka.

Menjadi murid Yesus merupakan pilihan Tuhan, namun mengerjakan bagian kita sebagai seorang murid adalah sebuah tanggung jawab dan membutuhkan kerja keras setiap kita. Setiap orang yang sudah dipanggil untuk menjadi percaya kepada Kristus seharusnya tidak menjadikan mujizat sebagai alasan untuk tetap setia kepada Yesus. Setiap orang yang dipanggil untuk menjadi percaya kepada Yesus juga tidak menjadikan berkat-berkat sebagai alasan untuk mengikut Kristus. Karena panggilan itu sendiri adalah sebuah kehormatan untuk menjadi seseorang yang dipakai oleh Tuhan untuk menyatakan kemuliaan-Nya dan memberkati orang lain. Apakah alasan kita mengikut Kristus saat ini? Kiranya Tuhan menguatkan kita untuk dapat terus-menerus setia mengikut Dia dengan ketulusan hati dan mewartakan tentang Dia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s