Tuhan Berkuasa

Bacaan hari ini: Markus 4:35-41
“Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya?” (Markus 4:41)

Dalam menjalani kehidupan ini, ada kalanya kita menghadapi situasi yang genting dan sulit. Di saat-saat seperti itu kita disibukkan untuk menyelesaikan persoalan dan pergumulan itu, tanpa melibatkan Tuhan di dalam kehidupan kita. Fokus kita saat itu adalah bagaimana kita dapat menyelesaikan masalah hidup itu dengan kekuatan kita. Padahal kita sadar bahwa kita tidak mampu melakukannya. Seharusnya kita mencari Tuhan dan meminta pertolongan-Nya, karena hanya DIA yang berkuasa menyelesaikan persoalan dan pergumulan yang kita hadapi.

Kisah “angin ribut diredakan” menggambarkan secara jelas situasi sulit yang tiba-tiba datang menghantam perahu yang ditumpangi oleh Tuhan Yesus dan para murid. Pada saat mereka berlayar di tengah danau, tiba-tiba datanglah angin ribut dan gelombang yang dahsyat mengamuk, sehingga perahu mereka kemasukan air. Sebagai nelayan, seharusnya para murid memahami dan dapat menguasai situasi seperti ini, namun ternyata mereka tidaklah mampu mengendalikan situasi dan keadaan tersebut. Air laut mulai memasuki perahu tersebut, perlahan tapi pasti. Tentunya ini menyebabkan ketakutan, dan kekuatiran mulai menghinggapi mereka. Pada saat yang demikian genting, para murid itu datang kepada Tuhan Yesus yang sedang tertidur di buritan perahu. Kemudian para murid membangunkan Tuhan Yesus dan meminta pertolongan-Nya. Apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus? Dia menghardik angin dan danau itu, “Diam!”, “tenanglah!” maka angin itu menjadi reda dan danau itupun menjadi teduh. Kemudian, Tuhan Yesus berpaling dan menegur para murid oleh karena ketakutan dan ketidakpercayaan mereka.

Pelajaran penting bagian ini adalah, kadang kesulitan dan pergumulan yang berat terlalu menguasai kita, menyebabkan kita ketakutan, penuh kekuatiran dan kehilangan kepercayaan kepada Tuhan. Seharusnya di saat yang demikian, kita harus datang kepada Tuhan dan percaya bahwa Ia berkuasa atas segala sesuatu yang terjadi di dalam hidup kita. Bagaimana dengan Anda hari ini?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s