Dengar Seruan Mereka

Bacaan hari ini: Markus 10:46-52
“Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau! Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.” (Markus 10:52)

Orang-orang yang terpinggirkan selalu ada di setiap zaman. Mereka diperlakukan berbeda dan dikucilkan karena status sosial dan pekerjaan mereka di tengah masyarakat. Bartimeus adalah seorang yang masuk dalam kategori ini. Ia adalah seorang miskin, buta dan berprofesi sebagai pengemis. Pada zaman itu, kemiskinan dan kecacatan dipandang sebagai akibat dari dosa. Orang-orang seperti Bartimeus bukan hanya dikucilkan secara sosial, terlebih mereka juga dipandang najis secara spiritual.

Karena itu, tidaklah heran ketika kita mendapati respons buruk dari orang-orang terhadap Bartimeus dalam teks yang kita baca hari ini. Mereka menegur Bartimeus yang sedang berteriak meminta tolong kepada Yesus. Mereka menyuruhnya diam dan bahkan tidak ada seorang pun datang dan membantu Bartimeus berdiri ketika Yesus memanggilnya untuk datang (ay. 48-50). Namun, beda dengan khalayak ramai itu, Yesus memiliki respons yang berbeda dari orang-orang itu. Seruan dari orang yang hina adalah seruan yang paling terdengar di telinga Yesus. Yesus tidak mengabaikan seruan itu. Ia memanggil Bartimeus dan menyembuhkannya (ay. 49, 51-52). Yesus peduli kepada seruan orang kecil yang tidak dipandang dan Ia mengasihi orang yang dikucilkan oleh masyarakat.

Bagaimana dengan kita hari ini? Ada banyak orang miskin di sekitar kita. Ada banyak orang yang cacat, tidak memiliki rumah dan dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Ada juga orang yang tersisih oleh karena status mereka sebagai janda karena perceraian, orang beda suku, mantan pecandu narkoba dan lain sebagainya. Mereka bersembunyi di dalam kegelapan dan tidak ada seorang pun mengindahkan mereka. Bagaimana dengan kita yang mengaku sebagai pengikut Kristus? Adakah kita bersikap seperti Yesus terhadap mereka yang terbuang? Adakah kita mau peduli, memberikan senyuman, memberikan sapaan hangat kepada mereka yang tersisihkan? Jadilah seperti Yesus. Dengarkan seruan orang-orang yang terpinggirkan dan terbuang di sekitar kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s