Kemuliaan di Balik Kematian

Bacaan hari ini: Markus 15:33-41
“Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: Sungguh orang ini adalah Anak Allah.” (Markus 15:39)

John Owen mengatakan bahwa kematian Kristus bukanlah kekalahan; kematian Kristus justru merupakan kematian yang mematikan kekuatan kematian. Di dalam kematian Kristus juga terdapat makna yang sangat penting untuk kehidupan orang yang percaya kepada-Nya.

Pertama, “tabir Bait Suci terbelah dua” merupakan pemisah antara wilayah Allah (Ruang Maha Suci) dengan wilayah manusia.

Manusia tidak pernah boleh melewati tabir itu memasuki Ruang Maha Suci; barangsiapa memasukinya akan mengalami kematian. Satu tahun sekali Imam Besar, sebagai wakil Tuhan Yesus, diizinkan masuk untuk memohon pendamaian. Apabila Imam Besar itu tidak betul-betul suci, maka dia masuk Ruang Maha Suci dan tidak akan keluar lagi, karena mati. Ritual ini dijalankan ribuan tahun lamanya, sejak zaman Musa. Tuhan Yesus mati sekitar jam 3 sore, sama dengan saat di mana domba Paskah disembelih untuk korban penebus dosa. Ketika Kristus mati, semua murka Allah yang seharusnya ditimpakan kepada kita menjadi ditimpakan kepada Kristus. Waktu Kristus mati, selesailah hutang dosa, Tuhan yang berinisiasi membelah tabir Bait Suci, yang berarti: antara Allah dan manusia telah terjadi pendamaian. Hal ini menunjukkan pula bahwa bukan manusia yang menemukan jalan untuk bertemu dengan Tuhan, melainkan Tuhan yang menetapkan jalan pendamaian itu.

Kedua, sungguh Kristus adalah Anak Allah.

Markus 15:39 menuliskan, “Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: ‘Sungguh orang ini adalah Anak Allah.’” Kematian Kristus bukanlah hanya menyelesaikan masa lampau, tapi juga membawa kita melihat ke depan, kepada pengharapan dan bersifat misionaris. Kematian Kristus begitu dahsyat sampai orang kafirpun mengakui bahwa Dia adalah Anak Allah.

Kita harus membawa orang kembali kepada Kristus, karena Kristus telah mati bagi dia. Berita tentang kematian Kristus bagi manusia berdosa merupakan berita terpenting yang membuat manusia menjadi berpengharapan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s