Benedictus

Bacaan hari ini: Lukas 1:67-80
“Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya.” (Lukas 1:68)

“Terpujilah…,” itulah awal nyanyian Zakharia yang dalam bahasa Latin disebut “Benedictus” (ay. 68). Zakharia memuji-muji Tuhan atas karya keselamatan yang akan dikerjakan-Nya, baik melalui kelahiran anaknya yang akan membentangkan jalan bagi Mesias, tanda hadirnya Juruselamat bagi umat-Nya. Padahal sebelumnya ia bisu sekian lama, oleh karena ketidakpercayaan dirinya atas berita yang malaikat sampaikan kepadanya (1:22). Namun saat itu, ia penuh dengan Roh Kudus dan mulutnya penuh dengan pujian kepada Tuhan.

Fokus pujian Zakharia di sini adalah Allah dalam karya-Nya atas umat-Nya, Israel. Allah melawat dan membawa kelepasan, serta menumbuhkan tanduk keselamatan bagi umat-Nya (ay. 68-72a). Kedatangan Juruselamat adalah penggenapan janji Allah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, nenek moyang mereka, Israel (ay. 72b-75); Allah akan menyelamatkan umat-Nya dari kekuatan musuh, sehingga mereka akan beribadah kepada-Nya di dalam kekudusan dan kebenaran.

Kelahiran Yohanes, putra Zakharia, menjadi permulaan tanda bahwa Allah kembali bekerja untuk menggenapi janji-Nya. Yohanes akan menjadi nabi Allah yang bertugas untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan dan mewartakan pengampunan dosa (ay. 76-78). Yohanes akan memberitakan kabar keselamatan dan Tuhan Yesuslah yang akan menyelamatkan dunia yang ada dalam kegelapan ini. Dia disebut “Surya pagi dari tempat yang tinggi” (ay. 78). Dia merupakan wujud lawatan Allah kepada umat-Nya yang didasarkan atas rahmat dan belas kasihan-Nya. Itulah sebabnya Zakharia memuji Allah!

Kedatangan Sang Mesias ke dunia memiliki arti penting bagi manusia, karena tanpa Dia, hidup kita berakhir dalam kegelapan lorong maut, tanpa pengharapan sama sekali. Bagaimana dengan Anda?

Bersyukurlan dan sambutlah Dia; jadilah saksi-Nya, seperti Yohanes Pembaptis yang telah dipakai Allah untuk membuka jalan bagi misi sang Mesias. Kiranya Allah memakai setiap kita menjadi alat bagi kemuliaan-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s