Mengenal Pengajaran Tuhan

Bacaan hari ini: Lukas 12:1-5
“Aku akan menunjukkan kepada kamu siapakah yang harus kamu takuti …” (Lukas 12:5)

Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita, ada beberapa pengajaran yang hendak Tuhan Yesus sampaikan, yaitu sebuah prinsip dalam kehidupan kita sehingga hidup kita menjadi lebih baik dan kita dapat semakin mengenal Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi kita.

Pertama, penulis Injil Lukas mencatat bahwa keberadaan orang-orang Farisi dan para ahli Taurat yang selalu ingin memancing dan mencari-cari kesalahan Tuhan Yesus, untuk dijadikan alasan dan bukti penangkapan-Nya (Luk. 11:53,54). Namun, dalam pasal 12, justru dengan jelas dan tegas, Tuhan Yesus memberikan beberapa prinsip dan pengajaran kepada para murid-Nya dan orang banyak yang mengikuti-Nya. Orang yang benar tidak perlu takut untuk diselidiki dan dicermati. Senantiasa hidup dalam kebenaran merupakan sebuah rahasia yang harus kita jalani untuk beroleh kehidupan yang berkemenangan.

Kedua, waspadalah terhadap “ragi” (kemunafikan) orang-orang Farisi dan para ahli Taurat. Kemunafikan adalah sebuah pola hidup yang hanya mementingkan hal-hal yang lahiriah (yang dilihat orang/lahiriah) tanpa hati yang sungguh-sungguh melakukannya dengan tulus dan benar di hadapan Allah. Kehidupan anak Tuhan yang benar adalah seperti sebuah surat yang terbuka dan dapat dibaca serta memberikan berkat bagi mereka yang ada di sekitar kita.

Ketiga, hiduplah takut kepada Allah, bukan takut dengan yang lain. Hal ini diulang dua kali, yaitu untuk menegaskan pentingnya pengajaran ini dalam kehidupan kita. Hidup takut kepada Allah adalah menyadari akan keberadaan-Nya yang selalu ada bersama dengan kita, dan Dia berkuasa untuk bertindak dalam dan melalui kehidupan kita, bahkan dalam kehidupan kita pada masa yang akan datang. Karena itu, setiap murid Tuhan perlu mendasari segala aspek kehidupannya dengan sebuah pola hidup takut akan Tuhan. Pola hidup takut akan Allah adalah menyadari kehadiran-Nya, menghargai keberadaan-Nya, dan memuliakan Allah sesuai dengan kebenaran firman-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s