Jangan Kuatir! Ayo Memberi!

Bacaan hari ini: Lukas 12:32-34
“Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan Kerajaan itu.” (Lukas 12:32)

Apabila “kuatir” adalah nama makanan, pasti semua orang pernah bahkan sering memakannya. Setiap manusia di dunia pasti pernah mengalami kekuatiran. Kita kuatir karena kondisi dan keadaan yang serba tidak menentu. Kita kuatir akan hari esok dan masa depan anak-anak kita. Kita kuatir akan pekerjaan, bisnis dan karir kita. Kita kuatir karena kita sadar ada banyak hal di dalam kehidupan yang berada di luar kendali kita. Namun demikian, Tuhan Yesus memberikan diagnosa yang begitu tajam mengenai penyebab kekuatiran dalam perikop yang kita baca ini. Yesus mengatakan bahwa manusia sering kuatir karena hatinya bersandar pada harta yang dimilikinya (ay. 34).

Bagian firman yang kita baca hari ini berada dalam kesatuan bagian pengajaran Yesus mengenai kekuatiran. Penyebab utama kekuatiran adalah manusia mendua hati, yaitu bersandar pada Tuhan dan juga pada Mamon. Seharusnya tidaklah demikian. Kita harus bersandar pada Tuhan saja dan kita tidak mendua hati. Ayat 32 adalah sebuah ayat yang indah, yang menjelaskan mengapa kita tidak boleh kuatir. Di dalam ayat tersebut, manusia digambarkan sebagai kawanan domba yang kecil, lemah dan rentan. Sedangkan Allah digambarkan dalam 3 penggambaran, yakni sebagai Gembala yang menuntun kawanan kecil, Bapa yang memelihara dengan penuh kasih, dan Raja yang berkuasa di bumi dan surga. Karena hidup kita dijaga oleh Tuhan, Sang Gembala, Bapa dan Raja, maka kita tidak perlu kuatir akan hari esok, dan kita tidak perlu takut untuk memberi kepada sesama yang membutuhkan (ay. 33).

Setiap hari selalu ada orang di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan secara finansial. Adakah kita peduli kepada orang-orang yang tua, orang-orang miskin dan anak-anak terlantar di sekitar kita? Apa penyebab kita tidak menolong mereka? Apakah karena hati kita penuh kekuatiran karena lebih bersandar pada harta. Jangan takut untuk memberi, sekalipun kekuatiran selalu ada, tetapi Tuhan yang adalah Gembala, Bapa dan Raja kita akan memelihara hidup kita. Jadilah berkat!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s