Jangan Bermuka Dua

Bacaan hari ini: Lukas 13:15-16
“Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?” (Lukas 13:15)

Banyak orang Kristen hari ini bermuka dua. Di gereja melayani, tetapi di luar gereja melakukan perbuatan curang, melakukan perbuatan mesum dan tercela.

Orang bermuka dua (munafik) adalah orang yang Tuhan benci. Mereka telah membuat nama Tuhan tercoreng oleh kesaksian buruk mereka di tengah masyarakat.

Dalam ayat yang kita baca, Yesus menegur kepala rumah ibadat yang kelihatan religius dalam menegakkan hukum Taurat dan peraturan hari Sabat (ay. 14). Yesus tahu bahwa kepedulian kepala rumah ibadat ini tidak dibarengi dengan kehidupannya yang benar di hadapan Tuhan. Yesus menyebut orang ini sebagai orang yang munafik karena ia melarang Tuhan melakukan aktivitas mulia, menolong seorang perempuan yang dirasuk roh selama delapan belas tahun (ay. 11). Kepala rumah ibadat ini kelihatan menegakkan hukum Allah padahal ia hanya memakai hukum Allah sebagai topeng agar ia nampak saleh dan suci.

Tuhan menegur dia: “Hai orang-orang munafik! Bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?” Mereka mengecam orang yang melanggar peraturan di rumah ibadat, padahal mereka adalah pelanggar-pelanggar ulung di luar rumah ibadat. Perbuatan munafik semacam ini dibenci oleh Tuhan.

Setiap minggu kita ke gereja, kita memuji Tuhan dan melayani-Nya. Pertanyaannya adalah, apa topeng yang kita pakai? Ketika kita berdoa, apakah kita sadar bahwa kita sedang berhadapan dengan Allah yang Mahatahu?

Ia mencari anak-anak-Nya yang datang dengan hati tulus dan jujur di hadapan-Nya. Tuhan tidak mencari orang yang sempurna; sama halnya Daud yang juga beberapa kali gagal, tetapi Tuhan menyebutnya sebagai orang yang berkenan di hati Tuhan.

Tuhan mencari orang yang hatinya tulus datang kepada-Nya, yang tidak bermuka dua ketika berdoa dan beribadah. Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s