Jangan Tertipu Oleh Nabi Palsu

Bacaan hari ini: Lukas 17:20-37
“Kerajaaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah.” (Lukas 17:20)

Banyak ajaran sesat saat ini yang berusaha menafsirkan kedatangan Tuhan di muka bumi dengan prediksi tanggal, hari, bulan ataupun tahun, sehingga dalam hal ini, kedatangan Tuhan dapat diramalkan. Terlihat seperti nubuatan, namun sebenarnya hanya bersifat ramalan.

Apakah Anda tahu perbedaan nubuatan dengan ramalan? Nubuatan berasal dari kata Ibrani (nebuah) = “komunikasi (tertulis atau lisan) kepada seorang nabi dari Tuhan dengan sebuah fokus pada isi pesan.” Sedangkan meramalkan berarti “melihat atau menduga keadaan yang akan terjadi dan hal ini belum tentu tepat.”

Pengajar-pengajar sesat sering kali menggunakan ramalan dan juga kedatangan wahyu khusus sebagai dasar pengajaran mereka, tanpa mempedulikan kebenaran firman Tuhan (Alkitab) yang seharusnya menjadi sebuah dasar bagi pengajaran iman Kristen. Oleh sebab itu, Tuhan Yesus menegaskan, agar kita tidak mudah percaya kepada ajaran-ajaran dunia yang seolah-olah dapat memprediksi kedatangan Tuhan atau bahkan mengatasnamakan ajarannya sebagai ajaran Mesias (Luk. 17:23; Mat. 24:23; Mrk. 13:21).

Yesus menegaskan bahwa “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah” (ay. 20). Di dalam versi KJV dituliskan: The Kingdom of God cornet not with observation (pengamatan). Manusia dengan segala kemajuannya dapat mengamati fenomena-fenomena alam berupa musim tahunan ataupun bencana alam dan dapat memprediksi kapan semuanya itu akan terjadi; namun demikian, kedatangan Tuhan tidak dapat diprediksi dengan pengamatan manusia dan juga tidak memiliki ciri-ciri khas tertentu, sehingga manusia dapat memprediksinya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s