Pemungut Cukai yang Bertobat

Bacaan hari ini: Lukas 19:1-10
“Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.” (Lukas 19:10)

Banyak orang hanya ingin mengalami perubahan status sosialnya, seperti “miskin ingin menjadi kaya, yang kurang pandai ingin menjadi lebih pandai, yang tidak memiliki kedudukan ingin memiliki jabatan tertentu” dll. Keinginan perubahan status ini sangatlah manusiawi; namun, perubahan tersebut bukanlah tujuan utama. Perubahan yang sejati, bukan saja berhubungan dengan statusnya, tetapi sangat berkaitan dengan hidupnya. Dengan kata lain, perubahan hidup secara pribadi merupakan sebuah perubahan yang sangat menyenangkan hati Allah.

Injil Lukas mencatat sebuah peristiwa yang menunjukkan bagaimana Allah melalui Kristus telah “mencari dan menyelamatkan yang hilang,” yaitu melalui perubahan hidup seorang pemungut cukai, Zakheus. Pekerjaan seorang pemungut cukai merupakan pekerjaan yang dianggap hina oleh masyarakat Yahudi. Hal itu disebabkan karena pekerjaan pemungut cukai adalah menjadi penarik pajak (yang berlebihan) untuk diserahkan kepada Bangsa Romawi yang menjajah dan menguasai bangsa Yahudi pada waktu itu. Bahkan para pemungut cukai tidak segan-segan menaikkan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh bangsa Yahudi, demi kepentingan dirinya sendiri. Mereka adalah orang-orang yang terhilang dan berjalan dalam kegelapan. Karena itu, peristiwa pertobatan Zakheus merupakan sebuah berita yang sangat baik, yang menyatakan bahwa Allah melalui Kristus telah berinisiatif untuk datang dan mencari Zakheus.

Pertobatan adalah perubahan hidup secara total (perubahan 180 derajat), yaitu dimulai dari menerima Yesus dengan penuh sukacita dan tidak lagi hidup bagi dirinya sendiri. Zakheus memulai hidup barunya, ketika Yesus datang ke rumahnya, dan Zakheus menerima-Nya dengan hati penuh sukacita. Di sinilah titik awal dari perubahan Zakheus. Selanjutnya, Zakheus dengan penuh sukacita juga rela untuk mengembalikan uang kepada mereka yang telah diperasnya, sebanyak 4 kali lipat. Perubahan hidup yang seperti ini merupakan sebuah perubahan hidup yang sangat menyenangkan hati Allah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s