Kristus dan Firman

Bacaan hari ini: Yohanes 1:1-18
“Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.” (Yohanes 1:2)

Hal yang menarik bagi kita adalah, Yohanes mengawali Injilnya dengan menyebut Kristus adalah “Firman itu.” Ia memperkenalkan Kristus sebagai Sabda Allah yang berpribadi dan menunjukkan bahwa pada zaman akhir ini Allah telah berbicara kepada manusia melalui Anak-Nya (bdk. Ibr 1:1-3). Ada beberapa hal yang perlu kita pelajari tentang tiga ciri Yesus Kristus selaku “Firman itu.”

Pertama, hubungan Firman dengan Bapa; yaitu Kristus sudah ada sejak semula bersama-sama dengan Bapa, sebelum dunia ini dijadikan (bdk. Kol. 1:15).

Dia sebagai Oknum sudah ada sejak kekekalan, berbeda dari Bapa, namun dalam persekutuan abadi dengan Allah Bapa. Kristus itu bersifat ilahi (“Firman itu adalah Allah”), karena Dia bersifat dan sehakikat sama dengan Bapa (Kol. 2:9).

Kedua, hubungan Firman dengan dunia.

Melalui Kristus, Allah Bapa menciptakan dan sekarang menopang dunia ini (Yoh. 1:3; 1:16; Ibr. 1:2). Hanya Dia tidak diciptakan, tetapi “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan” (Yoh. 1:3). Segala kemuliaan hanya kita peroleh di dalam Dia. Tanpa Kristus, hidup manusia adalah sia-sia. Kehadiran Kristus ke dalam dunia adalah satu-satunya pengharapan. Tanpa Kristus, dunia dan segala kemewahannya, tidak ada artinya.

Ketiga, hubungan Firman dengan umat manusia.

“Firman itu telah menjadi manusia” (Yoh 1:14). Di dalam Yesus, Allah menjadi manusia, yaitu memiliki sifat manusia tetapi tanpa dosa. Inilah pernyataan dasar dari penjelmaan: Kristus meninggalkan surga serta memasuki keadaan manusia lewat kelahiran alami. Barang siapa melihat Dia berarti melihat Bapa. Barang siapa percaya kepada-Nya berarti percaya kepada Bapa (Yoh. 14:1). Kristus adalah terang hidup, barangsiapa mau menerima dan percaya kepada-Nya akan beroleh terang dan hidup dalam-Nya. Sudahkah Anda dan keluarga Anda menerima terang dan hidup yang ada di dalam Kristus?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s