Percaya dan Taat

Bacaan hari ini: Yohanes 11:30-57
“Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?” (Yohanes 11:40)

Alkitab mencatat beberapa peristiwa kebangkitan orang mati, salah satu adalah peristiwa Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus yang sudah meninggal beberapa hari. Sepanjang Injil, ada dua peristiwa lain mencatat Tuhan Yesus membangkitkan orang mati, yaitu dalam Lukas 7, Tuhan membangkitkan anak muda dari seorang janda di kota Nain, dan Lukas 8, membangkitkan anak perempuan Yairus (kepala rumah Ibadah).

Perbedaan dari ketiga peristiwa adalah, anak perempuan Yairus baru saja meninggal, anak muda di Nain sudah meninggal beberapa waktu lamanya dan hendak dikuburkan, dan Lazarus ini sakit dan sudah meninggal beberapa hari, bahkan sudah dikuburkan, maka tubuhnya kemungkinan sudah mulai membusuk. Namun Tuhan Yesus melakukan mukjizat yang sama, yaitu membangkitkan mereka semua, memulihkan hidup mereka seperti sebelumnya. Tuhan Yesus melakukan hal ini untuk menunjukkan belas kasihan-Nya kepada manusia yang sedang ada dalam keputus-asaan, bahwa ada Tuhan yang tahu penderitaan dan pergumulan hidup manusia, Tuhan mau menolong mereka. Tujuan penting lainnya, adalah bahwa Tuhan menunjukkan bahwa Dia-lah sumber hidup manusia, Dia sanggup membangkitkan manusia mati, memberikan hidup.

Seringkali Tuhan mengizinkan berbagai pencobaan terjadi dalam diri kita, bahkan pertolongan Tuhan nampak terlambat, dan keadaan tidak bisa diubah. Ingatlah bahwa Tuhan Yesus adalah Tuhan atas kehidupan dan kematian, Ia menguasai segala sesuatu, tidak ada terlambat bagi Dia, bagi kita yang mau percaya dan taat. Sesungguhnya, Dia sayang dan peduli terhadap kita. Kita memang tidak tahu jalan pikiran Tuhan, namun kita tidak perlu ragu akan kuasa-Nya yang melampaui segala sesuatu. Kita juga tidak perlu menuntut sebuah mukjizat seperti yang dituntut oleh Marta dan Maria, atau mengalami mukjizat seperti orang-orang di atas; melainkan kita perlu percaya pada kasih setia-Nya, membangun relasi yang indah dengan-Nya melalui iman yang teguh. Maka, selalu ada pertolongan, belas kasihan Tuhan untuk kita, yang melampaui akal pikiran kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s