Bertekun dalam mengikut Yesus

Bacaan hari ini: Yohanes 16:1-4a

“Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.” (Yohanes 16:1)

Sebelum Tuhan Yesus meninggalkan para murid, pesan Tuhan yang perlu diperhatikan adalah, hendaknya para murid bertekun mengiring Tuhan sampai akhir hidup mereka. Hal ini sangat sulit, sebab Tuhan Yesus telah mengingatkan mereka bahwa pencobaan, godaan dari si jahat akan selalu berusaha menjatuhkan mereka sebagai murid-murid Kristus, bahkan suatu saat ketika mereka membunuh para murid, mereka seolah-olah telah berbakti kepada Allah. Oleh karena itu, Kristus mengingatkan para murid agar tidak kecewa dan meninggalkan Kristus, ketika pencobaan dunia berusaha menjatuhkan iman mereka.

Di sinilah Kristus mengingatkan supaya para murid bertekun dalam mengikuti Kristus. Paling tidak mereka harus bertekun dalam hal:

(1) menjalankan perintah-perintah yang sudah Kristus berikan

(2) memperhatikan peringatan-peringatan, supaya lebih waspada dalam menjalani kehidupan sebagai murid Kristus.

Bagaimana dengan kita?

Apabila hari ini kita menghadapi penderitaan dan godaan dunia yang ingin menggoncang iman kita kepada Kristus, kita diingatkan bahwa Kristus telah mengatakan semua hal tersebut, sebelum kita menjalani Jalan Salib yang menjadi jaminan kita untuk mengalahkan dunia.

Marilah kita tidak gentar dan bimbang, tetapi mengikuti teladan Kristus yang setia terhadap misi kedatangan-Nya sampai pada akhirnya. Pencobaan yang berat telah dilalui oleh-Nya dan segala olokan telah diterima-Nya. Namun di balik segala penderitaan-Nya, ada rencana Bapa yang tergenapi.

Penderitaan tidak dapat merintangi dan menggagalkan rencana keselamatan yang dari Tuhan sendiri, sebab semua itu dikerjakan dalam kasih dan kuasa-Nya yang besar.

Karena itu, bertekunlah dalam mengiring Tuhan Yesus, sepanjang hidup kita.

Blessings

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s