Tidak Mendapati Kesalahan Apapun

Bacaan hari ini: Yohanes 18:38b
“Aku tidak mendapati kesalahan apa pun pada-Nya.” (Yohanes 18:38b)

Atas seluruh perkara ini, “Aku tidak mendapati kesalahan apa pun pada-Nya.” Demikian pernyataan Pilatus setelah memeriksa kasus yang diajukan kepadanya berkenaan dengan Kristus. Pilatus menyatakan secara terbuka bahwa Kristus tidak bersalah (ay. 38b). Ia beranggapan bahwa mungkin ada semacam pertentangan paham dalam keagamaan antara Kristus dan para pemimpin Yahudi, di mana Kristus bisa sama benarnya dengan mereka. Dalam hal ini, Pilatus tidak mendapati kejahatan apa pun pada Kristus.

Jika demikian, apa makna pernyataan Pilatus tersebut?

Makna dari pernyataan Pilatus tersebut:

Pertama, ini merupakan suatu pembenaran dan kehormatan bagi Kristus.
Melalui pernyataan ini, nampak jelas bahwa meskipun Kristus diperlakukan seperti penjahat, sesungguhnya Ia sama sekali tidak pantas diperlakukan seperti itu.

Kedua, pernyataan Pilatus tersebut sesungguhnya menambah berat dosa orang-orang Yahudi yang telah menganiaya Kristus begitu kejam.
Karena jika seorang tahanan telah diadili dengan adil dan telah dibebaskan dari semua tuduhan kejahatan oleh hakim yang berwenang, terlebih lagi bila hakim tersebut tidak terbukti berat sebelah dalam keputusannya, maka si tahanan itu harus dipercaya tidak bersalah, dan para pendakwanya wajib untuk menerima keputusan itu. Namun kenyataannya, Kristus, walaupun dinyatakan tidak bersalah, tetap saja diperlakukan seperti seorang penjahat, dan mereka menuntut agar Kristus dihukum mati.

Ketiga, pernyataan tersebut sesungguhnya menjelaskan rancangan dan maksud kematian-Nya, bahwa Kristus mati bukan karena kesalahan-Nya, melainkan, berkorban bagi manusia yang berdosa ini (Yoh. 11:50).

Inilah Kristus, yang tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya (Yes. 53:9), yang disingkirkan, padahal tidak ada salahnya apa-apa (Dan. 9:26).

Sama seperti Kristus, janganlah gentar ketika kita diperlakuan tidak adil karena iman kita (2Tim. 3:12), tetapi pertahankanlah kebenaran, agar menjadi kesaksian bagi mereka.

Blessings

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s