Belajar dari Kegagalan

Bacaan hari ini: Yohanes 21
“… Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau. Kata Yesus kepadanya: Gembalakanlah domba-dombaKu.” (Yohanes 21:17)

Sekalipun tidak ada seorangpun yang ingin mengalami kegagalan, setiap kita pasti pernah mengalami kegagalan. Namun demikian, yang membedakan seorang itu sukses atau tidak, ditentukan oleh bagaimana sikapnya menghadapi kegagalan itu.

Petrus, seorang murid Tuhan Yesus yang memiliki hubungan sangat dekat dengan Yesus, juga mengalami kegagalan dalam perjalanan mengikut Dia. Tetapi Petrus tidak terus-menerus meratapi kegagalannya dan kemudian menjadi patah semangat. Dia memang pernah menyangkal Tuhan Yesus bahkan sampai 3 kali, tetapi ketika Tuhan Yesus bangkit, Petrus mau datang kembali kepada Tuhan dan diperbaharui.

Pertanyaan Tuhan Yesus sebanyak 3 kali kepada Petrus, “Apakah engkau mengasihi Aku?” menyadarkan Petrus akan kegagalan yang ia lakukan ketika ia bersandar pada kekuatan dirinya untuk mengasihi Tuhan. Petrus belajar dari kegagalannya dan merendahkan hatinya untuk diperbaharui kembali oleh Tuhan Yesus. Dan sungguh luar biasa, Tuhan memberikan kesempatan lagi kepadanya bahkan kepercayaan untuk menjadi pelayan-Nya, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Bagaimana-kah dengan kita?

Dalam perjalanan hidup kita mengikut Tuhan Yesus, ada kalanya kita gagal, tetapi apakah kita terus-menerus gagal, atau kita mau bertobat dan diperbaharui Tuhan? Tuhan rindu memperbaharui hidup kita dan memakai kita sebagai alat-Nya, dengan luar biasa. Jika kita rendah hati dan taat, maka Dia akan mengubah hidup kita menjadi berkat bagi banyak orang. Karena itu, belajarlah dari Petrus, jangan terus-menerus tenggelam dalam kegagalan.

Belajarlah untuk bersandar pada kekuatan Roh Kudus, maka kita akan dimampukan untuk bangkit dan bercahaya bagi Dia. Jangan biarkan hidup kita menjadi sia-sia, karena kegagalan. Sebaliknya marilah kita bangkit dari kegagalan yang pernah kita lakukan, karena Tuhan adalah Tuhan yang bangkit dan hidup, yang memegang hari esok kita. Percayalah kepada-Nya dan tataplah masa depan bersama Dia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s