Nantikanlah Dia

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 1
“Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditentukan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.” (Kisah Para Rasul 1:7)

Setelah Tuhan Yesus bangkit, murid-murid merasa sangat senang. Dukacita mereka sekarang berubah menjadi sukacita. Keadaan yang tadinya serasa hampa dan tidak berpengharapan, sekarang berubah menjadi bersemangat untuk menatap masa depan. Tidak heran jika kemudian mereka berharap Tuhan Yesus akan segera mendirikan Kerajaan-Nya dan memulihkan keadaan Israel.

Namun Yesus menjelaskan kepada mereka, arti dari kematian dan kebangkitan-Nya, bahwa Ia akan datang kelak dalam kemuliaan-Nya, tapi waktunya, hanya Bapa yang tahu. Selama 40 hari, Yesus tinggal bersama dengan mereka dan menjelaskan segala sesuatu yang telah dilakukan-Nya, yaitu tentang kerajaan Allah; dan sampai pada akhirnya Ia mengajak mereka ke sebuah bukit dan setelah memberikan pesan dan perintah untuk menjadi saksi-Nya, maka Yesus pun terangkat ke surga.

Tetapi kali ini, murid-murid yang ditinggalkan oleh Yesus, tidak lagi hidup dalam kehampaan, kesedihan, ketidakberdayaan, karena mereka tahu, Yesus pergi ke surga tapi Ia tidak meninggalkan mereka. Roh Kudus akan diberikan untuk menyertai mereka dan kelak Yesus akan datang kembali dengan cara yang sama seperti ketika Ia naik ke surga.

Sebagaimana Tuhan menyertai para murid, demikian juga Roh Kudus telah diberikan untuk menyertai kita. Bagaimanakah dengan kita? Dalam perjalanan hidup di dunia yang tidak mudah ini, kita tidak perlu merasa takut, tertekan, tidak berpengharapan, karena Tuhan hidup dan Ia sanggup menolong kita. Tetaplah setia mengikut Tuhan, sekalipun rasanya sulit dan seringkali menyakitkan, karena Ia berjanji, bahwa Ia akan segera datang kembali menjemput kita.

Biarlah kita menjalani hidup dengan terus menantikan Dia, dan mempercayai segala kebaikan dan kesetiaan-Nya yang tidak pernah berubah. Jika Dia pernah menderita bagi kita, masihkah kita meragukan kesetiaan-Nya?

Nantikanlah kedatangan-Nya kembali dengan hidup mengikuti teladan-Nya dan menjadi saksi di manapun kita berada, kabarkanlah bahwa Yesus adalah Juruselamat manusia.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s