Orang Baik Butuh Kristus

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 10:1-23
“Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.” (Kisah Para Rasul 10:4)

Pada zaman Perjanjian Baru banyak orang asing (non-Yahudi) seperti para perwira Romawi menaruh respek kepada Tuhan Yesus, bahkan percaya bahwa Yesus dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datang seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh” (Mat. 8:5,8). Luar biasa imannya bukan? Bahkan melebihi orang Yahudi; bagaimana dengan kita, apakah telah sungguh-sungguh beriman kepada Kristus Yesus? Renunganlah bagian ini, kita akan mempelajari dua hal dari Kornelius.

Kornelius orang saleh. Siapakah Kornelius? Seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia. “Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah” (Kis. 10:1-12). Sebagai seorang perwira Romawi, memiliki kehidupan religius yang saleh seperti ini adalah luar biasa sekali. Terlebih, seisi rumahnya atau semua anggota keluarganya, hidup takut akan Tuhan. Kehidupan keluarga Kornelius patut menjadi perenungan kita bersama. Selama ini, kita mengaku orang yang beriman, adakah kita hidup saleh, suka sedekah dan hidup takut akan Tuhan, seperti mereka?

Kornelius butuh Kristus Yesus. Setelah berdoa, Kornelius mendapat penglihatan dari utusan Allah, yaitu malaikat berkata kepadanya bahwa: “Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau” (Kis. 10:4).

Dalam penglihatan itu juga, Allah menyuruh suruhannya untuk menjemput Simon Petrus di Yope. Demikianlah Allah mempertemukan Kornelius dengan Petrus. Petrus menyadari bahwa Injil keselamatan juga harus diberitakan kepada bangsa bukan Yahudi. Ketika ia sedang menjelaskan Kristus Yesus, maka turunlah Roh Kudus di tengah-tengah mereka yang sedang mendengarkan pemberitaan itu, dan mereka menjadi percaya. Anugerah keselamatan juga dibutuh Kornelius, meski ia saleh dan penderma.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s