Panggilan Khusus

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 13:1-3
“Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” (Kisah Para Rasul 13:2)

Panggilan untuk melayani Tuhan dapat kita bagi menjadi 2 bagian, yaitu “panggilan secara umum” dan “panggilan secara khusus.” Yang dimaksud panggilan secara umum adalah panggilan Tuhan secara umum terhadap umat-Nya untuk terlibat dalam pekerjaan-Nya, yaitu menjadi saksi-Nya, di manapun kita berada. Panggilan umum ini bisa juga dapat berhubungan dengan pemakaian talenta yang Tuhan berikan bagi kita untuk melayani Dia dalam pelayanan gerejawi.

Sedangkan panggilan khusus adalah panggilan Tuhan secara khusus pada orang tertentu, dengan tugas tertentu, dan bidang/tempat pelayanan tertentu pula, yang tidak diberikan kepada banyak orang. Panggilan inilah yang Tuhan telah berikan kepada Barnabas dan Saulus [Paulus]. Mereka ditentukan oleh Tuhan untuk melayani Dia sesuai dengan kehendak dan rencana-Nya atas kehidupan mereka (ay. 2).

Dalam panggilan ini, Tuhan yang mempersiapkan dan memperlengkapi mereka dengan kuasa dari-Nya, membentuk mereka dalam pelayanan dan memampukan mereka untuk menyelesaikan tugas yang harus mereka kerjakan. Itulah sebabnya, mereka yang menyadari panggilan Tuhan secara khusus dalam hidupnya, akan bertahan sampai pada akhirnya, sama sperti Paulus yang mengakhiri “pertandingan dengan baik” sampai pada akhirnya (2Tim. 4:6-8).

Bagaimana dengan Anda? Apabila Anda merasakan panggilan khusus dari Tuhan untuk melayani Dia sepenuh waktu atau untuk melakukan sesuatu dalam pekerjaan Tuhan di tengah-tengah dunia ini, janganlah Anda menolak atau meragukannya, melainkan persiapkanlah diri untuk mengerjakan mandat khusus Tuhan tersebut.

Berdoalah untuk mencari kepastian dari Tuhan dan persiapkanlah diri secara serius, sehingga siap mengerjakan panggilan khusus dari Tuhan. Jika Tuhan semesta alam memberikan kepercayaan khusus kepada Anda, bukankah ini sebuah kepercayaan besar dan mulia? Karena itu, janganlah pernah melewatkan kesempatan yang Tuhan telah berikan kepada kita, tetapi penuhilah panggilan-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s