Berapa Harga Injil Bagimu?

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 17:16-34
“… sangat sedih hatinya karena ia melihat, bahwa kota itu penuh dengan patung-patung.” (Kisah Para Rasul 17:16)

Paulus sampai di sebuah kota bernama Atena. Ia melayani seorang diri karena Silas dan Timotius masih tinggal di Berea. Atena adalah kota yang masyarakatnya sangat kental dengan penyembahan dewa-dewi, termasuk penyembahan patung-patung dewa Yunani (bdk. ay. 16). Ketika melihat ada patung-patung di mana-mana, pemujaan kepada dewa-dewi, Paulus sangat pedih hati. Sebuah kota yang berkembang dan maju secara luar biasa, namun secara kerohanian, mereka sungguh terbelakang, mereka tidak mengenal Tuhan yang benar sama sekali.

Atena adalah kota yang merupakan tempat banyak orang terpelajar berdiskusi dan mengasah kepandaian mereka. Pada saat itu Atena adalah pusat dan penggerak pendidikan, filsafat, dan kebudayaan Yunani. Orang-orang Atena adalah orang-orang yang terbuka mengenai ajaran atau pandangan baru, karenanya ketika Paulus mulai berbicara mengenai Injil, mereka cukup antusias pada awalnya (ay. 20-21). Paulus menjelaskan mengenai siapakah Allah, mengenai Allah yang hendak memperkenalkan Diri-Nya kepada manusia. Allah yang sesungguhnya bukanlah Allah yang diam di kuil-kuil buatan manusia (ay. 24), bukan juga Allah yang jauh (ay. 26-27). Allah, pencipta langit dan bumi adalah Allah yang tidak sebanding dengan semua yang fana. Ia telah menentukan bahwa melalui Yesus Kristus akan menghakimi dunia.

Kebenaran yang disampaikan Paulus, oleh sebagian orang dianggap sebagai sebuah lelucon dan dongeng. Mengapa demikian? Karena bagi orang Yunani, kebangkitan orang mati adalah tidak mungkin. Sebaliknya, bagi orang yang percaya kepada Allah yang Mahakuasa, mereka percaya bahwa Allah sanggup membangkitkan manusia yang sudah mati; oleh karenanya ada beberapa orang menjadi percaya kepada pemberitaan Paulus. Pada masa sekarang pun, ketika Injil diberitakan, ada orang-orang yang menganggap remeh Injil, namun bagi orang-orang yang diselamatkan, berita Injil adalah sesuatu yang sangat membahagiakan dan memberikan pengharapan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s