Kuasa Gelap vs Kuasa Roh Kudus

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 19:1-20
“Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus.” (Kisah Para Rasul 19:1)

Pemberitaan firman Tuhan di Efesus menghasilkan dampak yang sangat besar. Memang tidak semua orang yang mendengar pemberitaan itu menjadi percaya; sebagian tetap tegar hatinya (ay. 9), sebagian mungkin hanya mengharapkan mukjizat (ay. 12), dan sebagian lagi ingin meniru kuasa Allah yang dinyatakan melalui Paulus (ay. 13). Akan tetapi, dampak pemberitaan firman Tuhan tetaplah sangat besar.

Pertama, beberapa murid Yohanes yang belum mendengar tentang Roh Kudus, dibaptis dan menerima Roh Kudus (ay. 1-7). Hal ini merupakan pekerjaan ilahi yang melahirbarukan seseorang sehingga bisa percaya kepada Yesus.

Kedua, firman Tuhan tersebar sangat luas (ay. 8-10). Hal ini juga didukung oleh pekerjaan ilahi sehingga dengan cepatnya kabar baik itu tersiar di beberapa daerah yang pada waktu itu belum ada transportasi cepat.

Ketiga, orang-orang yang pernah melakukan sihir mengumpulkan kitab-kitabnya, lalu membakarnya di muka umum sehingga firman Tuhan makin tersebar dan berkuasa (ay. 13-20). Kuasa Roh Kudus mengubahkan dan mempertobatkan orang-orang berdosa, yang hidup dalam kegelapan sehingga dapat melihat terang kebenaran.

Keempat, begitu banyak orang Efesus yang menjadi percaya sehingga menimbulkan dampak pada perekonomian kota itu (ay. 23-27). Percaya kepada Yesus memberikan dampak sukacita di dalam hati mereka, sehingga mereka yang lesu menjadi semangat, dan mereka yang malas bekerja menjadi rajin untuk kembali bekerja karena hidup mereka diubahkan.

Namun, terjadi keributan yang dimulai oleh Demetrius dan pekerja-pekerja di perusahaannya. Agama mereka terancam! Mata pencaharian mereka terancam! Sehingga Demetrius memprovokasi orang-orang untuk melawan para rasul. Namun, provokasi tersebut tidak bisa membendung penyebaran Injil, sehingga semakin hari banyak orang menjadi percaya.

Kisah ini mengingatkan kita bahwa Injil Yesus Kristus itulah yang mampu mengubah dan memulihkan hidup seseorang sehingga menemukan kebenaran yang mutlak dalam dunia ini.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s