Tekad Hati Rasul Paulus

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 21:21-14
“Karena ia tidak mau menerima nasihat kami, kami menyerah dan berkata: Jadilah kehendak Tuhan! (Kisah Para Rasul 21:14)

Ketika kita merencanakan untuk pergi ke suatu tempat, tentunya kita akan mempersiapkan segala sesuatu untuk perjalanan tersebut. Bahkan ketika mendapati adanya alternatif lain, seringkali kita tetap teguh pada tujuan semula, untuk pergi dan mencapai tempat yang semula.

Perjalanan rasul Paulus di Tirus dan Siprus merupakan sebuah perjalanan yang akan menghantar rasul Paulus ke Yerusalem, meskipun mereka sangat menyadari bahwa kehadiran Paulus di Yerusalem berarti kematian bagi Paulus. Karena itu, di tengah situasi yang sangat mencekam bagi para murid, mereka selalu mencari kesempatan untuk menasihati Paulus supaya tidak pergi ke Yerusalem. Di Tirus, para murid berdoa dan mencari kehendak Tuhan. Bahkan mereka mendapatkan “bisikan Roh,” supaya Paulus tidak pergi ke Yerusalem. Yang artinya Roh Kudus sudah memberikan peringatan akan segala penderitaan dan kesengsaraan yang akan dialami oleh Paulus di Yerusalem adalah sangat berat. Namun Paulus tetap pergi ke Yerusalem, bukan untuk mencari mati, tapi Paulus telah siap untuk menanggung dan tetap bersedia untuk mati bagi Injil. Demikian juga hal yang sama terjadi di Tirus dan di Kaisarea, para murid meminta dengan sangat sambil menangis supaya Paulus tidak pergi ke Yerusalem (Kis. 21:11,12). Namun Rasul Paulus telah bertekad untuk memberikan seluruh kehidupannya karena nama Tuhan Yesus.

Bagaimanakah dengan kita pada hari ini? Hidup ini begitu singkat dan kesempatan tidak selalu datang kepada kita, maka sangat perlu bagi kita untuk belajar peka dan selalu fokus pada apa yang menyenangkan hati Tuhan, bukan yang menyenangkan manusia, atau memenuhi hawa nafsu kita. Tuhan merindukan setiap anak-Nya menghidupi iman mereka sesuai dengan kehendak-Nya.

Karena itu, marilah kita melatih dan mendisiplin diri untuk tetap setia mengerjakan panggilan kita di hadapan Tuhan, sekalipun kita menyadari tantangan di depan yang akan menghadang jalan hidup kita.

Milikilah tekad hati yang besar dan kuat untuk melayani dan hidup bagi Kristus, seperti yang Paulus lakukan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s