Panggilan untuk Bersaksi

Bacaan hari ini: Kisah Para Rasul 22:1-30
“Tetapi kata Tuhan kepadaku: Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini kepada bangsa-bangsa lain.” (Kisah Para Rasul 22:21)

Orang percaya diselamatkan bukan untuk menyimpan berita keselamatan itu bagi diri sendiri. Orang percaya dipanggil untuk memberitakan kabar keselamatan itu kepada orang-orang lainnya. Itu adalah kehendak Tuhan. Paulus sangat memahami hal ini dan dia melakukannya. Sebelumnya, Paulus telah dipukuli oleh orang-orang yang menganggapnya telah menentang hukum Taurat. Dalam keadaan babak belur, Paulus meminta kesempatan untuk berbicara kepada orang-orang tersebut. Paulus tahu orang-orang Yahudi itu belum mengenal diri Kristus. Karena itu, dia ingin memberitakan kabar baik itu pada mereka.

Paulus memulai dengan menceritakan kisah hidupnya: pendidikannya di bawah Gamaliel, kegiatannya menganiaya pengikut Jalan Tuhan, dan perjalanannya ke Damsyik untuk menangkap pengikut Kristus. Kemudian dia mengisahkan mengenai perjumpaannya yang ajaib dengan Kristus, bagaimana ia dibutakan dan “ditangkap” oleh Kristus. Paulus mengisahkan kisah pertobatannya. Dan pada akhir ceritanya, Paulus menceritakan mengenai panggilan Tuhan yang diberikan padanya, yaitu memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa. Paulus telah diubahkan, dari seorang penganiaya jemaat menjadi seorang pemberita Injil.

Paulus memahami dengan benar kehendak Tuhan baginya, untuk memberitakan Injil kepada bangsa-bangsa lain. Itu adalah panggilan hidupnya. Karena itu dia melakukannya tanpa ragu, sekalipun orang-orang sebangsanya menentangnya. Seperti dirinya yang telah diselamatkan oleh Kristus, Paulus ingin orang lain juga merasakan anugerah keselamatan dari Tuhan. Paulus menyampaikan kesaksiannya di hadapan orang-orang yang telah memukulinya, karena ia ingin mereka juga percaya pada Yesus.

Setiap kita juga dipanggil oleh Tuhan untuk menjadi saksi-Nya. Ini adalah panggilan dan tugas yang mulia. Kita dipanggil bukan karena kita layak, tapi karena anugerah Tuhan. Panggilan menjadi saksi adalah bagian dari anugerah keselamatan yang diberikan Tuhan kepada kita. Sudahkah kita menjadi saksi bagi Kristus dalam kehidupan kita?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s