Iman yang Menyelamatkan

Bacaan hari ini: Roma 10:4-21
“Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” (Roma 10:17)

Dalam konteks kehidupan penuh tekanan dan aniaya terhadap Injil keselamatan pada waktu itu, pengakuan verbal lewat ucapan adalah bukti iman yang sejati. Karena pada waktu itu, mengaku percaya kepada Yesus Kristus secara terbuka, sama dengan mengundang kematian (Rm.10:9-10). Maka setiap orang yang berani mengaku dirinya sebagai pengikut Kristus, tentu orang yang sungguh-sungguh percaya dan yakin akan hidup kekal yang Tuhan janjikan kepadanya. Injil kasih karunia telah menyelamatkan dirinya.

Bagaimana orang bisa mendengar kabar baik tersebut? Karena ada orang yang diutus Allah untuk tugas pemberitaan Injil. Tetapi apakah semua orang akan mendengar berita itu dan diselamatkan? Jawabannya adalah; tidak! Bahkan berita baik tersebut, tidak akan diterima oleh yang mendengar. Siapakah yang akan mendengar berita Injil dan percaya? The Remnant, kelompok sisa. Bagaimana mereka bisa sampai percaya? Rhema Kristus yang akan menghidupkan iman dalam diri mereka.

Iman yang dibicarakan dalam Roma 10:17 ini bukan dalam artian iman yang bertumbuh dalam proses pada diri orang percaya, melainkan iman yang menyebabkan orang mampu percaya; iman mula-mula yang menyelamatkan orang tersebut. Iman seperti itu, timbul di dalam hati, ketika dia mendengar firman Kristus. Kata firman yang dipakai di ayat ini adalah “rhema”, artinya kata-kata yang diucapkan, yang tertangkap oleh indra. Jadi, ketika Injil diberitakan, ada orang yang mendengar berita tersebut dan merasakan bahwa Kristus sedang berbicara sendiri kepada dia.

Pada saat itu, terjadi perjumpaan pribadi antara dirinya dengan Tuhan. Sapaan Kristus secara pribadi menimbulkan iman yang memampukan dia memahami kebenaran berita Injil, dan dia percaya. Ini adalah iman yang menyelamatkan. Iman, sebagai anugerah yang menyelamatkan, ketika orang berdosa mendengar pemberitaan Injil. Orang yang menerima karunia iman ini, akan meresponi Injil dengan benar. Sudahkah Anda memiliki iman yang menyelamatkan ini?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s