Hidup Seorang Kristen

Bacaan hari ini: 1 Korintus 6:1-20
“Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6:20)

Surat Korintus berisi nasihat-nasihat Paulus kepada jemaat Korintus mengenai bagaimana mereka harus hidup dengan baik dan kudus di hadapan Allah. Realitanya, pada masa itu, tidak semua jemaat telah hidup sungguh-sungguh takut akan Tuhan. Dalam lingkungan rohani, didapati ketidak-adilan dan percabulan dalam kalangan jemaat Tuhan.

Bagian yang pertama, yaitu 1 Korintus 6:1-11, berisi tentang teguran Paulus terhadap jemaat yang melakukan ketidakadilan dan mendatangkan kerugian bagi jemaat yang lain. Karena Tuhan kita adalah Allah yang kudus, karenanya marilah kita hidup dengan melakukan keadilan terhadap orang lain, memberikan apa yang menjadi hak orang lain dan tidak merugikan orang lain.

Bagian yang kedua, yaitu 1 Korintus 6:12-20, berisi tentang teguran Paulus terhadap jemaat yang melakukan percabulan. Pada bagian ini, Paulus menegaskan bahwa tubuh harus digunakan untuk memuliakan Tuhan. Tubuh orang percaya adalah bait Roh Kudus. Tubuh ini adalah milik Allah, sehingga kita tidak boleh memakainya seturut dengan kehendak kita, melainkan kehendak Tuhan. Tuhan telah menebus kita, membayar harga yang mahal dengan tubuh-Nya sendiri, karenanya kita pun harus hidup seturut perintah-Nya.

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kita untuk senantiasa setia kepada pasangan kita, baik itu suami atau istri kita. Dialah pendamping hidup kita, untuk seumur hidup kita. Sama seperti Kristus yang mengasihi kita meskipun ketika kita berdosa, baiklah kitapun mengasihi pasangan kita bahkan ketika mereka melakukan kesalahan kepada kita. Janganlah kita menjadi orang Kristen yang tidak menghidupi kehidupan baru kita di dalam Dia. Belajarlah untuk setia dalam segala hal, baik itu setia kepada Tuhan dan juga sesama. Belajarlah juga untuk hidup kudus, baik itu di hadapan Tuhan maupun sesama, sebab untuk itulah kita dipanggil dan untuk itulah Kristus telah mati bagi kita. Karena itu, hiduplah sebagai orang Kristen yang menyatakan kemurahan-Nya bagi kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s